28.6 C
Jakarta

Sebanyak 60 Mahasiswa UMP Siap Jadi Perwira TNI

Baca Juga:

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Sedikitnya 60 calon Perwira Prajurit Karir (PaPK) TNI, berasal dari mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), mengikuti seleksi yang diselenggarakan di Aula AK Anshori, Selasa (17/10/2017).

Mereka mengikuti Open Recrutment TNI PaPK. Kepala Career Development Centre Tri Yuliansyah Bintaro MPd  menjelaskan, PaPK merupakan prajurit berpangkat perwira, berasal dari Sekolah Perwira PK. “Sumber penerimaan PAPK adalah mereka yang berasal dari akademisi. Karena salah satu syaratnya adalah S1 atau D3. Begitu lulus dari pendidikan, mereka akan menyandang pangkat letnan dua,” jelasnya.

Dari segi kepangkatan, PaPK sama dengan perwira lulusan akademi militer yaitu letnan dua. Perbedaannya, perwira lulusan Akmil ditempuh selama empat tahun pendidikan dan sumbernya adalah lulusan SMA atau sederajat. Sedangkan PaPK bersumber dari sarjana dan hanya menempuh pendidikan selama 7-8 bulan saja.

“Dalam sosialisasi kali ini, mahasiswa yang mengikuti sangatlah beruntung karena langsung disampaikan oleh Ajenrem 071, dan masih sangat berpeluang untuk menjadi PaPK karena banyak sekali Program Studi yang memenuhi syarat untuk menjadi PaPK. Harapannya alumni dan calon alumni menjadi polisi, tentara dan khususnyaa PK. Mereka perlu persiapan yang matang dan tidak bisa dilakukan mendadak,” tuturnya.

Waka AJENREM 071, Kapten Caj Nurishlah dalam penyampaian materinya menjelaskan beberapa prosedur pendaftaran PaPK. “Segala kemampuan yang dimiliki oleh calon PaPK akan diuji, berbagai latihan nantinya akan dilaksanakan pada saat pendidikan,” jelasnya.

Dijelaskan, pendaftaran awal dilakukan secara daring, selanjutnya prosedur lain wajib diikuti. “Untuk calon pendaftar diharapkan bisa melengkapi berbagai macam dokumen yang dibutuhkan dari mulai identitas, ijazah dan lainnya. Seluruh komponen tertulis lebih lengkapnya di website http://rekrutmen-tni.mil.id yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun,” terangnya.

Penulis : Tegar Roli A

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!