28.8 C
Jakarta

Angkat Tema Evolving Vogue, UI Fashion Week 2020 Digelar Secara Virtual Runway

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – UI Fashion Week (UIFW) kembali mengadakan pagelaran busana pada 18 – 20 September 2020. Pagelaran ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19, tidak meluruhkan semangat dari panitia UI Fashion Week 2020 ini untuk tetap berkarya. Hanya saja konsep pagelaran dilakukan dengan cara berbeda. Jika tahun sebelumnya UI Fashion Week digelar secara offline, tahun ini terpaksa melalui virtual runway yakni Youtube premier.

“Untuk tahun ini kami menjalani virtual runway melalui Youtube premier, dengan semua footage di shoot dan edit beforehand. Setelah virtual runway kita juga membuat video pendek di Instagram kami untuk merekap looks yang ada di runway,” kata Kyana selaku Project Officer UIFW, Sabtu (19/9/2020).

UIFW yang telah digelar sejak tahun 2012, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di bawah naungan Club Mode UI. Setiap tahun UIFW mengusung tema yang berbeda, kali ini UIFW mengangkat tema “Evolving Vogue”.

Kyana menjelaskan bahwa evolving vogue berkaitan dengan perkembangan industri fashion yang terus berevolusi untuk menuju arah yang lebih sustainable dan ethical.

“Kita merasa bahwa isu ini masih belum terlalu disuarakan. Banyak orang belum mengetahui bahwa pakaian yang mereka gunakan dapat menjadi masalah lingkungan mengingat fashion waste adalah pollutant nomer 2 di dunia setelah oil industry,” ujar Lutfi selaku Vice Project Officer UIFW bidang konsep.

Selain itu, lanjut Lutfi, terkait masalah ethical juga banyak kasus pekerja di bidang fast fashion yang mendapatkan perlakuan tidak adil seperti unpaid labor dan working environment yang kurang layak.

Konsep

Maura selaku PR Director menambahkan bahwa pemilihan konsep virtual runway ini dilakukan karena mengingat pandemi yang sedang melanda di Indonesia membuat tim harus mencari konsep sekreatif mungkin agar dapat menjangkau audience.

Dengan banyaknya platform online yang mampu menjangkau banyak audience, maka diputuskan untuk menggunakan konsep virtual runway ini.

UIFW diadakan live di Youtube dan Instagram @uifashionweek. Live berlangsung pada 2 sesi, dengan sesi pertama pukul 19.00 WIB, dan sesi kedua pukul 20.30 WIB.

UIFW virtual runway ini juga mendapat respon yang baik dar berbagai khalayak. Acara ini dinilai adaptive terhadap situasi terkni. Mereka merasa senang karena bisa berkarya dan tidak larut dalam situasi yang sulit seperti ini, meski ada beberapa pihak yang tidak berekspektasi akan seperti ini.

Diakui dalam mengadakan virtual runway ini memiliki banyak kendala, mulai dari panitia internal yang harus mengubah tupoksinya karena adanya perbedaan konsep. Panitia memerlukan waktu untuk dapat membenahi internal. Dan ketika produksi, masalah koordinasi cukup menjadi tantangan. Karena tidak bertemu secara langsung, membuat kesulitan dalam menyatukan ide dan pikiran dari semua anggota yang terlibat. Namun seiring berjalannya waktu, kendala ini mampu diatasi dengan baik.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!