24.2 C
Jakarta

Bersyukur dan Peduli *)

Baca Juga:

SMAN 2 Muara Enim Raih Prestasi Pada KSN-K 2021

MENARA62.COM - Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten / kota ( KSN-K ) Tahun 2021....

Mencari Desa Wisata di Bali dan Nusa Tenggara? Coba Kunjungi Ini! 

JAKARTA, MENARA62.COM - Seiring dengan perkembangan pariwisata era baru yang beranjak menuju ke arah berkualitas dan berkelanjutan, desa wisata memiliki peran yang penting untuk...

Lebih dari 1,3 Juta PTK Non PNS Cairkan Bantuan Subsidi Upah

JAKARTA, MENARA62.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada dua juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)...

Tingkatkan Produksi Kopi, Koperasi Wanita Gayo Ingin Dapat Dana Bergulir Kembali

Nanggroe Aceh Darussalam, MENARA62.COM - Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo), eksportir biji kopi Kabupaten Bener Meriah berharap Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro,...

JAKARTA, MENARA62.COM– Pertama mari kita bersyukur ke hadirat Allah SWT, pagi hari yang sejuk ini kita dapat mengadakan acara Halal Bi Halal, Silaturrahim Id Fitri 1442 H dalam keadaan aman dan damai. Sementara di belahan dunia Islam di luar negeri tepatnya di Palestina, di Gaza sahabat kita bangsa Palestina mengalami trauma, terlunta, hidup di tenda-tenda karena tempat tinggal mereka hancur di hajar oleh agresi militer negara penjajah Israel dengan bom-bom yang brutal dan membabi buta. TV Al Jazirah berbahasa Inggris, Kamis 3 Juni 2021 jam 23.00 memberitakan : 25 ( dua puluh lima ) orang, termasuk anak anak meninggal dunia dalam reruntuhan itu. 2.000 ( two thousand ) building have been complete destroy – 2.000 ( dua ribu ) bangunan nyaris dihancurkan secara complid .. total.
Maka dalam suasana aman dan damai ini, pada kesempatan Halal Bi Halal Id Fitri 1442 H ini, anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ( PWM ) DKI dan anggota Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah ( PWA) DKI Jakrta beserta Majlis dan Lembaga serta ortom tingkat wilayah Pemuda,NA.IMM.IPM. Tapak Suci Putra Muhammadiyah, HW mengucapkan Selamat Hari Raya Id Fitri 1442 H mohon maaf lahir dan bathin,” taqobbalallha minnaa wa minkum “, kepada yang kita hormati, pemberi taushiyah halal bi halal Bpk K.H.Dr. Muhyiddin Junaidi, MA, WKL Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat Ketua Lembaga hubungan luar negeri PP Muhammadiyah, kepada Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranrting Muhammadiyah beserta ortomnya dan kepada seluruh beserta halal bi halal baik yang luring maupun daring.
Meski masih dalam suasana kita waspada dan memperhatikan protokol kesehatan menghadapi wabah Covid -19, PWM DKI dalam rangka bersyukur dan peduli terus menggembirakan keluarga Muhammadiyah DKI dan masyarakat luas agar berkenan menyalurkan dana wakafnya , berfastabiqul khairat untuk meneyelesaikan pembangunan gedung dakwah Muhammadiyah Jakarta dan Masjid At Taqwa jln Kramat raya 49 Jakpus.
Sebagaimana tadi telah disampaikan oleh Bpk DR. H.Edy Sukardi ,M.Pd., Ketua Panitia Pembangunan Gedung Dakwah dan Masjid At Taqwa jln Kramat Raya 49 bahwa telah terkumpul dana dari keluarga besar Muhammadiyah DKI, baik persyarikatan, amal usaha dan perorangan serta masyarakat luas sebesar : Rp. 10,143,696.100 ,-
Terbilang : sepuluh milyar seratus empat puluh tiga juta enam ratus sembilan puluh enam ribu seratus rupiah.
Sementara biaya pembangunan keseluruhannya ialah :
Rp.19.000.000.000 ,-
Terbilang : sembilan belas milyar rupiah
Jadi panitia Pembangunan masih mempunyai hutang kepada pemborong sebesar :
Rp. 9.364.236.000 ,-
Terbilang : sembilan milyar tiga ratus enam puluh empat juta dua ratus tiga puluh enam ribu rupiah ,-
Adapun bangunan sudah selesai 65 %, lantai dasar sudah dapat di pakai untuk parkir kendaraan dan lantai 1 ( satu ) ,masjid At Taqwa sudah selesai dan sudah di fungsikan sejak kemarin terawih bersama awal Ramadlan 1442 H dengan bapak Gubernur DKI Jakarta yang sengaja mampir sepulang dari kantor , sekaligus beliau ingin melihat dari dekat keadaan bangunan.
Semangat berfastabiqul khairat untuk menyelesaikan bangunan ini tiada henti pasca Ramadlon 1442 H, sebagaimana tadi isi sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris PWA DKI Jakarta, Ibu Dra Hj,Syamsidar Siregar bahwa ada hamba Allah menyumbang untuk pembangunan Gedung dakwah dan Masjid At Taqwa besarnya : Rp.100.000.000 ,- ( Seratus juta rupiah ).
Pertamina MOR III yang kantornya tak jauh dari kantor PWM DKI juga menyumbang Rp,100.000.000 ,-. ( seratus juta rupiah )
Salah seorang karyawannya yang tiap hari lewat di depan gedung dakwah Muhammadiyah Jakarta dan Masjid At Taqwa melihat bangunan belum selesai , tergerak hatinya untuk menghimbau pimpinan perusahaannya guna menyalurkan dana CSR nya.
Sungguh tersentuh hati kami, haru dan bersyukur bahwa silaturrahim kita selama ini membuahkan dukungan dan kepedulian dari keluarga sendiri dan masyarakat dalam negeri adalah sesuai dengan arahan Al Qur’an Al Anfal 75. Agar sesama keluarga senasab atau yang seorganisasi dan sebangsa harus saling mengulurkan bantuan bagi yang membutuhkan, tidak usah menunggu dari yang jauh sesama muslim di luar negeri “

….ۚ وَأُولُو الْأَرْحَامِ بَعْضُهُمْ أَوْلَىٰ بِبَعْضٍ فِي كِتَابِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ﴿ ٧٥﴾

Artinya :
Orang orang yang punya hunungan krabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya ( dari pada yang bukan kerabat ) menurut Kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
Untuk itu bagi para dermawan yang ingin menyalurkan wakafnya bisa dikirimkankan ke rekening PWM DKI Bank BNI No rek : 2222444430

Lewat Halal Bi Halal, silaturrahim Id fitri 1442 H ini, PWM DKI Jakarta, sebagaimana seruannya dalam surat no : 039/II.0/B/2021, tgl 05 Syawal 1442 H./17 Mei 2021 tentang penggalangan Dana untuk Palestina, tepatnya Saudara kita di Gaza yang penderitaannya sudah kita sebutkan diatas
Maka kami laporkan, Al hamdulillah, baik dari persyarikatan, dari amal usaha dan dari perorangan keluarga besar Muhammadiyah DKI Jakrta telah terkumpul dana sebesar :
Rp.642.699.550 ,-
Terbilang : enam ratus empat puluh dua juta enam ratus sembilan puluh sembilan ribu lima ratus lima puluh rupiah ,-
Izinkan kami melaporkan sumbangan yang paling besar dan ini untuk memacu yang lainnya maka dari persyarikatan, alhamdulillah semua PDM menyumbang yang paling besar :
PDM Jaksel : Rp.139.265.627 ,-
Ortom :
PWA Aisyiyah : Rp.80.000.000 ,-
AUM :
Univ Muh Prof Dr.Hamka Rp. 91.363.963,-
RSIJ Sukapura : Rp.50.000.000 ,-
Kami yakin Tentu keluarga besar Muhammadiyah DKI Jakarta yang tinggal di jendelanya Indonesia, akan terus jadi suri tauladan dan melakukan kepedulian dengan menyumbangkan hartanya untuk kepentingan ummat diatas yaitu penyelesaian gedung dakwah Muhammadiyah Jakarta dan Masjid At Taqwa.
Kita ingin seperti yang di sabdakan Nabi SAW bahwa kita adalah betul betul kelompoknya kaum Muslimin :
عَنِ إبن مَسعُود ر .ض . ‘َنِ النبِى ص ز : مَنْ لَمْ يَهْتَمّ بأمْرِ المسلِمينَ فَلَيْسَ مِنْهُمْ ( رواه الطبرانى )

Dari Ibnu Mas’ud RA dari Nabi SAW bersabda : Siapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslilimin maka ia itu bukan dari golongan kaum muslimin. ( HR Thabrani )
Sabdanya :
عَنْ أنَسٍ ر. ض . أنَّ النّبِى ص . قالَ : لاَ يُؤْ مِنُ احدًكُمْ حتّى يُحبَّ لأخيه كَمَا يحبّ لِنَفسِهِ ( رواه البخارى )
Dari Anas RA berkata, Sesungguhnya Nabi bersabda : Seseorang itu dianggap tidak beriman kalau ia tidak mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri ( HR Bukhory )
Wa na’dzubilla.
Sebagai penutup maka :
Pertama :
disampaikan berita duka cita :
Innaa lillah wa innaa ilaihi Rajiun
Telah wafat hari ini pagi tadi jam 05,00 di RSIJ bapak Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rawamangun – Jaktim
Bpk. Martadinata
Allahumma ajirnaa fi mushiibatanaa wakhluf lanaa khairan minhaa
Allahummafir lahu war hamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu. Amiin
Kedua :
Kepada Yth Bpk.KH Dr. Muhyiddin Junaidi,MA sahabat saya yang sejak Lulus dari Perguruan Tinggi di Libia tiada hentinya berdakwa melanglang buana di luar negeri meski beliau sedang dalam keadaan kurang sehat seperti sekarang ini. Mohon kiranya berkenan untuk memberikan pencerahan kepada keluarga besar Muhammadiyah DKI agar terus bersyukur dan peduli.
Kami juga minta kalau ada peluang untuk mejenguk sahabat kita di Palestina Gaza mohon perkenan diberikan jatah untuk PWM DKI Jakata 1 atau 2 orang. Paling tidak untuk Sekretaris PWM DKI Bpk Drs Nuswantoro, M.Pd. yang sangat peduli dan kepingin untuk menyapa mereka dan tentu pulangnya akan membawa oleh oleh sejumlah informasi dari sana agar betul-betul kita peduli .
Free Palestina, Save Palestina … seruan ini adalah kwajiban yang tertera di konstitusional kita yang tertera di Muqoddimah UUD 45 bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Nasrun Minallah Wa fathun Qorib wa basyiril Mukminin.

Jakarta, 24 Syawal 1442 H./05 Juni 2021

M.Sun’an Miskan  / Ketua PWM DKI

*) Disampaikan pada Halal Bihalal, Silaturrahim Id fitri 1442 H, PWM DKI Jakarta, 24 Syawal 1442 H/05 Juni 2021 H lewat daring dan luring di kantor PWM DKI Jakarta jln Kramat Raya 49 Jakpus dan dirapikan lagi tgl 25 Syawal 1442 H./06 Juni 2021.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!

SMAN 2 Muara Enim Raih Prestasi Pada KSN-K 2021

MENARA62.COM - Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten / kota ( KSN-K ) Tahun 2021....

Mencari Desa Wisata di Bali dan Nusa Tenggara? Coba Kunjungi Ini! 

JAKARTA, MENARA62.COM - Seiring dengan perkembangan pariwisata era baru yang beranjak menuju ke arah berkualitas dan berkelanjutan, desa wisata memiliki peran yang penting untuk...

Lebih dari 1,3 Juta PTK Non PNS Cairkan Bantuan Subsidi Upah

JAKARTA, MENARA62.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada dua juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)...

Tingkatkan Produksi Kopi, Koperasi Wanita Gayo Ingin Dapat Dana Bergulir Kembali

Nanggroe Aceh Darussalam, MENARA62.COM - Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo), eksportir biji kopi Kabupaten Bener Meriah berharap Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro,...

Ditjen Kebudayaan Segera Luncurkan Buku Panduan Hidup Di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA, MENARA62.COM – Lebih dari satu tahun pandemi melanda tanah air menyebabkan hampir semua wilayah tidak terlepas dari penularan virus Covid-19. Tetapi masyarakat adat...