29.3 C
Jakarta

Cegah Kejadian Kebakaran, HBAP Dan PLN Sosialisasi Ke Warga Desa Tanjung Lalang

Baca Juga:

MENARA62.COM – PT Huadian Bukit Asam Power (PT HBAP), bekerja sama dengan PLN Wilayah Kab Muara Enim, mengadakan kegiatan Sosialisasi Keamanan dan Keselamatan Penggunaan instalasi listrik dalam upaya pencegahan kejadian kebakaran, bertempat di Kantor Kades Tanjung Lalang, Selasa Kemarin(2/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang keamanan penggunaan listrik rumah tangga serta instalasinya, mengingat dalam 2 bulan terakhir khususnya di wilayah Kecamatan Tanjung Agung telah terjadi kebakaran pada rumah penduduk.

PT HBAP sebagai Perusahaan yg bergerak di bidang Ketenagalistrikan menggandeng PLN Wilayah Muara Enim melaksanakan kegiatan edukasi tersebut yang bertujuan untuk meminimalisir kejadian kebakaran rumah yang diakibatkan korsleting listrik sebagai bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap masyarakat sekitar PT HBAP/PLTU Sumsel-8.

Sosialisasi edukasi dilaksanakan di Desa Tanjung Lalang, disampaikan oleh Ibu Dessy Indrawaty sebagai Pejabat K3 PT PLN (persero) Muara Enim dengan Tema “Potensi Bahaya Listrik” dalam kesempatan tersebut dijelaskan bagaimana Tata cara dan tata kelola untuk instalasi listrik yang aman dan standar sehingga dapat mencegah korsleting yang berpotensi mengakibatkan kebakaran,”Terangnya.

Selain pihak PLN, dari K3 HSE PT.HBAP Dwi Romi memberikan materi “Sosialisasi dan Edukasi dalam penggunaan instalasi listrik”, serta mengenai risiko bahaya kebakaran yang dapat terjadi akibat aktivitas rumah tangga lainnya seperti kebakaran di dapur, dan cara mengatasinya serta penyampaian informasi Kontak Darurat yang dapat dihubungi jika terjadi kebakaran,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tanjung Lalang Bapak Edi Anwar mengatakan “Terima kasih atas kepedulian PT HBAP dan PLN kepada masyarakat untuk dapat memahami dan mengerti bagaimana cara penggunaan instalasi yang aman dan standar, sehingga bisa memberikan pengetahuan keselamatan tentang kelistrikan kepada warga Desa Tanjung Lalang,” ucap Edi Anwar

Kemudian, Humas PT HBAP, Tito Fransisco mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi serta edukasi keamanan penggunaan instalasi Listrik kepada masyarakat yang berada di sekitar ini Perusahaan ini dilakukan sebagai tanggung jawab Perusahaan. Dengan harapan dapat mencegah kebakaran pada rumah-rumah penduduk kedepannya, Khususnya kepada masyarakat yang berada di sekitar PT HBAP dan PLTU Sumsel-8.

Ditambahkan Tito, sebelumnya sudah ada 2 kejadian kebakaran di Desa Tanjung Agung dan di Desa Pulau Panggung. Dimana berdasarkan investigasi Kepolisian kebakaran tersebut diakibatkan oleh (korsleting listrik), dengan adanya kegiatan ini kami berharap semoga tidak terjadi lagi kebakaran di desa sekitar akibat dari korsleting listrik.

Masih kata Tito, tidak hanya kegiatan sosialisasi di dalam ruangan, kegiatan ini juga dilakukan langsung ke rumah warga serta dilakukan pemeriksaan kondisi instalasi listrik sampai ke meteran rumah yang menjadi tangung jawab PLN dan pemeriksaan Installasi Listrik didalam rumah warga, tujuan dari pemeriksaan ini adalah didapatnya hasil rekomendasi dari Tim Teknis PLN kepada pemilik rumah atau warga untuk dapat memperbarui installasi listrik yang sudah lama dan tidak standar.

Lanjutnya, untuk mendukung upaya pencegahan kebakaran, PT HBAP memberikan 3 buah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk pencegahan pertama jika terjadi kebakaran. Sosialisasi Keamanan dan keselamatan penggunaan instalasi Listrik dalam upaya pencegahan kejadian kebakaran,”pungkas Tito.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol Kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh Kepala desa Tanjung lalang Edi anwar, Polsek Tanjung Agung H.Panjaitan selaku Kanit Binmas, Koramil 0404/05 Pathun Babinsa Desa Tanjung Lalang, Pemerintah Desa Tanjung Lalang dan masyarakat Desa Tanjung Lalang.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!