27.3 C
Jakarta

Diklat Instruktur KOKAM Jadi Role Model bagi Diklatsar KOKAM di Indonesia

Baca Juga:

BANJARNEGARA, MENARA62.COM – Mabes KOKAM Nasinal berharap Diklat Instruktur KOKAM dapat menjadi role model bagi Diklatsar KOKAM di Indonesia. Diklat Instruktur KOKAM yang diselenggarakan pada Rabu-Ahad, 21-25 September 2022 di Kalibening Banjarnegara tersebut dimonitor langsung oleh Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto, Komandan Nasional KOKAM Zainuddin dan Sekretaris KOKAM Iwan Setiawan.

Bagi Mabes KOKAM Nasional, Diklat Instruktur adalah implementasi dari Buku Panduan Diklat yang sudah dibuat. Tentu saja juga menghasilkan Instruktur Diklatsar KOKAM di seluruh Indonesia.

Mabes KOKAM Nasional  mengkonsep instruktur Diklat  ini dikelola 100% oleh anggota KOKAM, bukan dari luar KOKAM, seperti dari TNI dan POLRI. Mabes KOKAM Nasional yakin bahwa internal KOKAM mampu mengelola Diklat KOKAM tingkat Nasional. Sehingga Mabes KOKAM Nasional memberi amanah kepada 12 Instruktur untuk mengelola.

Sebagaimana disampaikan Iwan Setiawan Sekjen Nasional bagi Mabes KOKAM Nasional, salah satu tantangan KOKAM adalah membuat Diklatsar KOKAM yang standar yang sesuai dengan Buku Panduan Diklat KOKAM, seperti lamanya Diklat, Kepanitiaan Diklat hingga materi Diklat. Dalam mengelola Diklatsar, peranan dari Instruktur Diklat sangat penting. Instruktur Diklat inilah yang membawa Diklatsar mau kemana. Seni mengelola Diklatsar harus dimiliki oleh instruktur.

Dalam Diklat Instruktur ini, para instruktur mencoba menggali kemampuan peserta di dalam mengelola Diklatsar. Khususnya berkaitan dengan kemampuan peserta dalam manajemen Diklatsar dan seni menyampaikan materi saat menjadi penyaji dalam Diklatsar.

12 Instruktur inilah yang mengelola dan mengkonsep Diklat Instruktur KOKAM di Kalibening Banjarnegara yakni Didik Kusnanto, Andik Purnawirawan, Darojat Noor Ahmad, Arifudin Nurrahman , Noviar Handi Al Faani, Teguh Aji Priyanto, Suparno, Huda Khairun Nahar, M Zudi Syakuri, Suprayetno, Mursit dan Faid Faizal

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!