27.3 C
Jakarta

DIKSUS Relawan ke – 2 PPM MBS Prambanan Selesai, LRB PWM DIY Dorong Percepatan SPAB

Baca Juga:

 YOGYAKARTA, MENARA62.COM

Jum’at, 1 Maret 2024 Korps Relawan Muhammadiyah PPM Muhammadiyah Boarding School Putra Sleman, Yogyakarta melaksanakan upacara penutupan Pendidikan Khusus Relawan ke – 2.

Pelaksanakan kegiatan ini merupakan penghujung rangkaian program pelatihan Pendidikan Khusus (DIKSUS) Relawan ke – 2 yang sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan dalam ruang dan praktikum pada tanggal 5 – 9 Februari 2024 di komplek Gedung Kelas Putra Terpadu dan komplek SD Muhammadiyah MBS Prambanan. DIKSUS 2 Relawan kali ini didampingi para instruktur dari SAR Muhammadiyah Derah Istimewa Yogyakarta.

Dalam upacara penutupan tersebut hadir sebagai inspektur upacara, Indrayanto (Ketua Lembaga Resiliensi Bencana PWM D.I.Yogyakarta). Pada amanatnya, Indrayanto menyampaikan pesan kepada segenap personel Korps Relawan Muhammadiyah agar selalu mengasah skill yang dimiliki sebagai bekal persiapan untuk mencetak kader-kader Relawan Muhammadiyah.

“Merupakan sebuah kelebihan bahwa Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Sleman memiliki sebuah gerakan relawan berbasis pelajar, dan menjadi satu – satunya sekolah Muhammadiyah yang memiliki gerakan tersebut. Sebagai upaya membentuk ketangguhan komunitas berbasis sekolah/pesantren serta mendorong percepatan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB),” Kata Indra.

“Korps Relawan Muhammadiyah menjadi potensi MDMC dalam membentuk kader kader persyarikatan yang tangguh, unggul berkemajuan dalam gerakan resiliensi bencana. Pendidikan dan pelatihan menjadi faktor kunci dalam memperkuat Pengurangan Risiko Bencana (PRB),” imbuhnya.

Rangkaian Pendidikan pelatihan Relawan Muhammadiyah di lingkungan Pondok Pesantren MBS di lakukan oleh KRM Pondok Pesantren Modern MBS, kegiatan dilakukan mengambil tema Vertical Rescue dan manajemen kebencanaan, yang di ikuti oleh santri-santri sebagai bagian dari upaya memperkuat Satuan Pendidikan Aman Bencana yang sudah dirintis oleh PPM MBS Prambanan.

Pondok Pesantren Muhammadiyah sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan sangat strategis untuk mewujudkan satuan pendidikan yang aman menghadapi bencana. SPAB merupakan salah program unggulan Lembaga Resiliensi Bencana/MDMC dalam mewujudkan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Berkemajuan.

Hadir juga pada kesempatan kali ini Ketua Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PDM Kabupaten Sleman sekaligus Pembina Utama Korps Relawan Muhammadiyah PPM Muhammadiyah Boarding School Sleman, M. Fauzan Yakhsya, S.Hum. beserta perwakilan SAR Muhammadiyah D.I.Yogyakarta.

Tidak hanya melaksanakan penutupan secara seremonial saja, pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik program pelatihan DIKSUS Relawan ke – 2 tahun 2024. Muhammad Akmaluddin Roofi, santri kelas 11 IPS 1 yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Pendidikan, Latihan, dan Pembinaan Relawan berhasil mendapatkan penghargaan tersebut dengan perolehan nilai total tertinggi selama masa pelatihan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!