30.2 C
Jakarta

Dukung Penerapan Prokes di Sekolah, Kemendikbudristek Kampanyekan 3M ABC

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bekerjasama dengan Kalbe Consumer Health dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) meluncurkan Kampanye 3M ABC secara daring, Jumat 5/11/2021). Kampanye 3M ABC yakni Asupan Nutrisi, Bergerak Aktif dan Ceria tersebut dilakukan dalam rangka mendukung penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022.

“Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan memenuhi asupan nutrisi, bergerak aktif dan ceria untuk lawan COVID-19,” tutur Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuni dalam sambutannya.

Peluncuran Kampanye 3M ABC tersebut dihadiri oleh Feni Herawati, Direktur Kalbe Consumer Health dan Dr Leny Pintowari, SpKO, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Olahraga (PSDKO) serta diikuti lebih dari 350 peserta dari SD di seluruh Indonesia.

Menurut Sri Wahyuni, PTM terbatas yang sudah mulai dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia membutuhkan upaya bersama untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik, terutama bagi para siswa. Hal ini penting agar PTM terbatas bisa terus berlanjut seiring makin landainya kasus Covid-19 di tanah air.

Sri Wahyuni menyebut kampanye 3M ABC disiapkan untuk mendorong sedini mungkin anak memiliki perilaku hidup yang sehat dan bersih. Dengan cara demikian, maka anak akan memiliki imunitas tubuh yang baik dan memiliki tumbuh kembang yang baik pula.

Lebih lanjut ia mengingatkan bahwa sehat merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi untuk tumbuh kembang anak agar menjadi SDM unggul Indonesia yang memiliki profil pelajar Pancasila sebagaimana kebijakan Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbudristek. “Untuk menjadi pelajar Pancasila dengan 6 profil, tentu siswa harus memiliki tubuh yang sehat,” tambahnya.

Ke-6 profil pelajar Pancasila tersebut adalah beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bernalar kritis, berkebhinnekaan global, gotong royong dan kreatif.

Diakui Sri Wahyuni, pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita semua tentang pentingnya menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tetap menjaga protokol kesehatan melalui 3M. Yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Pada kesempatan yang sama Feni Herawati, Direktur Kalbe Consumer Health mengatakan bahwa level pandemi Covid-19 di Indonesia memang terus menurun menjadi level 1 dan 2. Meski demikian, semua orang tetap harus waspada dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Kami mendukung kebijakan Kemendikbudristek dengan ikut serta melakukan kampanye pentingnya menerapkan protokol kesehatan terutama untuk para siswa,” katanya.

Kampanye 3M ABC mengadopsi multi vitamin dari PT Kalbe yakni Sakatonik ABC. Kampanye ini adalah upaya mengajak siswa SD untuk tetap bergerak melalui gerakan senam ABC, menjaga asupan nutrisi dan memastikan kebutuhan vitamin tetap terpenuhi dengan baik.

Sementara itu, Dr Leny Pintowari, SpKO, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Olahraga (PSDKO) menuturkan belajar dari rumah membuat anak kurang bergerak. Karena itu penting untuk mengajak anak selalu bergerak melalui kegiatan olahraga, minimal 60 menit per hari.

Peragaan senam 3M ABC

“Olahraga memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kebugaran tubuh, menjaga kerja jantung dan paru, meningkatkan fungsi pernafasan, mendukung tumbuh kembang anak, meningkatkan daya tahan tubuh hingga fungsi kognitif,” jelasnya.

Olahraga juga sekaligus mencegah anak mengalami obesitas dan mencegah depresi selama pembelajaran dilakukan dari jarak jauh maupun PTM terbatas. Dengan tubuh yang sehat maka siswa dapat belajar secara maksimal.

Adapun dukungan Kalbe Consumer Health melalui Kampanye 3M ABC ini akan dilakukan dengan gerakan senam dan poster digital yang disebar ke 149 ribu sekolah dasar yang ada di Indonesia, pemberian vitamin Sakatonik ABC ke 100 sekolah penggerak dan edukasi ke tenaga pendidikan dan komunitas .

“Mari berikan asupan nutrisi yang baik bagi anak-anak kita dan berikan kemerdekaan bagi mereka untuk bergerak aktif dan ceria,” tutup Sri Wahyuni.

Untuk gerakan senam 3M ABC itu sendiri bisa diunduh pada channel Youtube Direktorat Sekolah Dasar dan channel Sakatonik ABC ID.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!