34.1 C
Jakarta

Gandeng RSI PKU Muhammadiyah, MDMC Palangkaraya Akan Gelar Geladi Posko

Baca Juga:

PALANGKARAYA, MENARA62.COM– RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) akan menyelenggarakan geladi posko di Kota Palangkaraya. Geladi posko akan diselenggarakan di aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) pada Jumat-Sabtu 15-16 Desember 2017.

Inayati Muharini, Manajer Area Program HPCRED MDMC PP Muhammadiyah–RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya dalam siaran persnya menjelaskan geladi posko merupakan bagian dari program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana (HPCRED). Tujuannya untuk memperkuat kapasitas RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya dan masyarakat di sekitar rumah sakit, tepatnya di Kelurahan Langkai dan Menteng, Kota Palangkaraya.

“Geladi posko ini bertujuan untuk menguji kapasitas dan kesiapsiagaan rumah sakit dan para pihak lembaga/instansi lain dalam penanggulangan bencana berdasarkan skenario latihan yang disesuaikan dengan permasalahan yang sebenarnya,: jelas Inayati, Kamis (14/12/2017).

Pada geladi posko di Kota Palangkaraya ini, peserta menggunakan kasus kebakaran berdasarkan potensi ancaman bencana di kota Palangkaraya.

Geladi posko RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya lanjut Inayati, diselenggarakan sebanyak 2 kali. Pertama, untuk menguji sistem penanganan respon bencana dengan skenario kebakaran di luar rumah sakit. Kedua, menguji sistem komando tanggap darurat di rumah sakit.

Diharapkan melalui geladi posko ini, dapat meningkatkan kemampuan Tim Medis Bencana yang dimiliki RS PKU Muhammadiyah Palangkaraya dalam menyusun rencana operasi dan mengkoordinasikannya dengan instansi lain dalam situasi darurat.  Sekaligus menguji dokumen Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana Rumah Sakit dan Rencana Kontingensi  yang telah disusun oleh RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya beserta dengan para pihak  penanggulangan bencana.

Geladi posko akan diikuti oleh Tim Medis Bencana RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya, pejabat struktural RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya, Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya dan Prov. Kalimantan Tengah, BPBD Kota Palangkaraya dan Prov. Kalimantan Tengah, Tim Siaga Bencana PWM Kalimantan Tengah, PMI, Polsek Pahandut, PLN Kota Palangkaraya, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangkaraya. Akan hadir sebagai tim perancang dan tim penilai geladi posko adalah BNPB dan Kementerian Kesehatan beserta akademisi dari UGM.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!