24.8 C
Jakarta

Hartoyo : Dari Solo Kita Berkarya

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Dari toilet sekolah sehat merambah sasaran lebih luas, dari Solo kita berkarya. Hal tersebut disampaikan oleh Drs H Hartoyo MPd saat menjadi narasumber pelatihan pengelolaan tolilet di destinasi wisata DAK non fisik dana pelayanan kepariwisataan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (13/10/2021).

Hartoyo mengatakan dunia akan menghadapi era New Normal setelah pandemi virus corona Covid-19 berakhir. Beragam sektor telah mempersiapkan hal tersebut, termasuk destinasi pariwisata di Kabupaten Wonogiri.

“Hari ini dapat undangan dari Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Asisten Perekonomian dan pembangunan tertanda tangan FX Pranata AP MHum. Tempat wisata wajib sediakan toilet bersih dan sehat di masa pandemi,” ujarnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, menjaga jarak fisik, rajin membersihkan tangan harus diterapkan di tempat wisata, termasuk penyediaan toilet sehat dan bersih.

Prosedur pembersihan dan desinfeksi toilet. Pertama, kenakan sepatu bot karet, masker wajah, pelindung mata, dan sarung tangan.

Kedua, kumpulkan sampah untuk dibuang di tempat yang aman. Ketiga, siapkan larutan pembersih dan disinfektan, serta ember, sikat, pel, dan kain lap/spons.

Keempat, gunakan larutan pembersih dan sikat pijakan kloset. Kelima, sikat bagian dalam kloset dengan sikat kloset, lalu siram.

“Dengan sisa larutan pembersih, pel lantai. Lalu bilas dengan air. Gunakan larutan disinfektan: Rendam lap kain. Aplikasikan pada permukaan sentuhan tinggi. Tunggu sekitar lima menit sebelum menyeka. Kembalikan tempat sampah yang telah dikosongkan ke dalam toilet,” ujarnya.

Cuci dan bersihkan alat yang digunakan dan simpan di tempat yang aman. Lepaskan APD dan lakukan desinfeksi jika digunakan untuk pemakaian berulang. Terakhir, cuci tangan dengan sabun dan air.

Toilet, Takaran yang dibutuhkan untuk per kegiatan kebersihan. 30 mL / per toilet duduk (diterapkan di bawah tempat toilet duduk). Sedangkan, takaran yang diperlukan untuk satu kali putaran desinfeksi (0,1% Cl aktif).

“5 mL pemutih / toilet block*(dicampur dengan 250 mL air). Dengan asumsi 2-3 set toilet / bilik di dalam satu blok toilet,” katanya, sambil tersenyum.

(Jatmiko)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!