26.7 C
Jakarta

Hidup Itu Berjuang

Kasman Singodimedjo

Baca Juga:

Hidup itu berjuang.

Tokoh Muhammadiyah dan pahlawan nasional. Selama ini, di buku sejarah hanya disebutkan bahwa Kasman Singodimedjo, merupakan salah satu anggot Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), Dokuritu Zyumbi Tyoosa-kai. Badan ini beranggotakan 67 orang. Penyandang gelar doktor honoris causa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini, juga pernah memimpin UMJ sebagai rektor.

Mungkin, tidak banyak juga yang tahu, jika Kasman merupakan salah satu murid langsung dari KH Ahmad Dahlan. Ia kerap mengikuti pengajian yang digelar KH Ahmad Dahlan. Kasman yang sering menganggap dirinya sebagai “penjaga warung” Muhammadiyah ini, tidak heran, jika kemudian hidupnya juga banyak berkiprah di Muhammadiyah. Pada akhirnya, ia pun mempunyai andil yang tidak sedikit dalam rangkaian sejarah Indonesia.

Sebagai politisi negeri ini, Kasman amat berintegritas dengan prinsip, dan moralitas. Meskipun, keteguhannya itu pula, yang akhirnya membuatnya pernah beberapa kali diadili pihak berwajib, dan beberapa kali pula masuk penjara demi membela yang haq.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!