25.7 C
Jakarta

Ini Pentingnya Medical Check Up Untuk Anak

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA63.COM- Belum populer memang, tetapi medical check up untuk anak itu penting. Terutama saat anak hendak memasuki sekolah entah itu Taman Kanak-Kanak maupun Sekolah Dasar.

“Medical check up gunanya untuk memantau sejauh mana fisik anak siap, tidak bermasalah dengan proses tumbuh kembangnya,” papar dr Achmad Mediana SpOG di sela seminar ibu hamil bertema Mempersiapkan Kehamilan Yang Sehat Untuk Generasi Yang Hebat, yang digelar Siloam Hospital Asri- Duren Tiga, Jakarta Selatan, kemarin.

Hal-hal yang perlu di cek kesehatannya antara lain kondisi gigi, apakah ada yang berlubang atau tidak. Apakah proses pergantian gigi susu ke gigi tetap berjalan dengan baik.

Lalu cek kesehatan mata. Dengan kemajuan teknologi informasi sedemikian pesat yang mendorong anak menghabiskan waktu untuk melihat perangkat gawai (gadget) tentu setiap anak memiliki risiko gangguan penglihatan.

“Banyak anak usia kelas 1 SD yang terpaksa menggunakan kacamata minus,” jelasnya.

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperiksa adalah kadar hemoglobin darah (hb). Anak dengan hb rendah memiliki kecenderungan cepat lelah, mengantuk dan sulit berkonsentrasi saat mengikuti pelajaran. Jangan sampai prestasi anak buruk hanya gara-gara persoalan tersebut.

Bagi dr Achmad medical check up untuk anak tidak perlu rumit. Lakukan hal-hal yang memang berhubungan dengan proses tumbuh kembang anak. Dengan medical check up setidaknya masalah-masalah kesehatan yang dihadapi anak sudah bisa dimonitor sejak anak masih usia dini.

“Jangan mengunjungi dokter saat anak sedang sakit saja,” tandas dr Achmad.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!