32.4 C
Jakarta

Jemaah Haji asal Pesisir Jawa Tengah Gelar Senam Ngapak

Baca Juga:

MAKKAH, MENARA62.COM – Ratusan jemaah yang berada di Hotel Kiswah, Jarwal, Kota Makkah mengikuti Olahraga Senam Ngapak (OSN), Sabtu pagi waktu Arab Saudi (3/8/2019). Disebut senam Ngapak karena di area tersebut sebagian besar jemaah haji berasal dari pesisir Jawa Tengah seperti Tegal, Brebes, Pekalongan, Purbalingga, Kebumen dan Cilacap.

“Ini sektor 10 Makkah dan kebetulan sebagian besar jemaahnya pakai bahasa ngapak, bahasa pesisir Jawa Tengah,” kata Kepala Sektor 10 Makkah Nurul Badruttamam, dikutip dari media center haji.

Senam yang berlangsung sekitar pukul 06:15 tersebut dihadiri oleh Menag Lukman Hakim bersama rombongan. Sontak jemaah yang sudah berbaris rapih untuk mengikuti senam, menjadi lebih bersemangat. Dr. Waluyo, dosen olahraga dari UNS bertindak sebagai instruktur senam.

Gerakan senam para jemaah makin bersemangat kala lagu Kun Anta yang dipopulerkan Humood Al khuder dipasang untuk mengiringi senam. Sekitar 30 menit melakukan gerakan senam yang penuh semangat namun ceria itu, Lukman dan jemaah tampak berkeringat.

Menag mengatakan kegiatan olahraga seperti senam tersebut penting untuk menjaga kebugaran jasmani jemaah.

“Ya kita baru saja selesai senam pagi bersama seluruh jemaah haji yang tinggal di Hotel Kiswah di Jarwal ini adalah sebagian besar adalah jamaah-jamaah Embarkasi Solo dari Jawa Tengah. Dan ini adalah cara petugas haji kita di sektor 10 untuk bagaimana agar kesehatan jemaah senantiasa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik,” ujarnya.

Menag berharap, melalui senam bersama ini, merupakan selingan aktivitas yang harapannya membawa manfaat bagi jemaah maupun petugas. Ia sendiri setelah bersenam bersama mengaku merasa lebih segar dan bugar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!