28.8 C
Jakarta

Kalahkan Hoaks dan Ambyar, Kata Milenial Terpilih sebagai KTI 2019

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Kata milenial ditetapkan sebagai Kata Tahun Ini (KTI) tahun 2019. Kata tersebut terpilih dari tiga kata paling banyak ditemukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) Daring, mesin pencarian Google dan sejumlah indicator lainnya.

“Selain milenial kami sebenarnya menemukan kata hoaks dan ambyar. Tetapi setelah melalui pertimbangan beberapa kriteria, akhirnya kami menetapkan milenial sebagai Kata tahun Ini 2019,” jelas Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar, Senin (6/1/2020).

Kata milenial lanjut Dadang memiliki dua makna sekaligus. Pertama berkaitan dengan millennium, dan kedua berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an. Baik dengan makna pertama maupun makna kedua, milenial berkelas kata adjektiva.

Dadang menjelaskan milenial ditetapkan sebagai KTI 2019 dengan mempertimbangkan beberapa kriteria. Diantaranya kata milenial merupakan salah satu kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Kata milenial juga merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada Maret 2019.

Selanjutnya kata milenial dinilai sebagai kata yang menandai banyak peristiwa, banyak digunakan oleh berbagai kalangan dari pejabat hingga masyarakat umum.

“Kata milenial memiliki keleluasaan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia,” tambah Dadang.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan bahwa KKBI Daring tahun 2019 mencatat setidaknya ada 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi disamping milenial. Yakni aktivitas, analisis, daring, efektif, efektif, izin, kerja sama, literasi, memengaruhi, objek, praktik, resiko, risiko, sistem dan survey. Dalam daftar tersebut milenial mencatat jumlah pencarian 19.834 pencarian berdasarkan data pada tanggal 30 Desember 2019 pukul 12.58.

Sementara berdasarkan data dari Google Trends kata milenial paling banyak dicari pada  bulan Maret 2019. Masifnya masyarakat yang terlibat dalam suatu acara yang bertajuk milenial mendorong jumlah pencarian kata di Google. Berdasarkan data Google pada 30 Desember 2019 pukul 09.25 menunjukkan bahwa milenial telah dipakai sebanyak 2.940.000 kali.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!