29.3 C
Jakarta

Kelas Keputrian PCNA Turi Gelar Webinar Parenting with Love

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Orang tua dan rumah adalah sekolah pertama yang dikenal oleh anak. Karena itu peran orang tua sangatlah penting untuk mengenalkan anak mengenai nilai-nilai dan norma sebelum anak memasuki jenjang sekolah.

Itu sebabnya, orang tua idealnya harus memiliki bekal mengenai berbagai macam informasi tentang pendidikan anak. Hal tersebut terungkap pada kajian Parenting yang digelar oleh Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Kapanewon Turi dengan tema Parenting with Love, Kamis (18/3/2021). Pada kajian parenting tersebut dibahas pendidikan berbasis fitrah yang bisa diterapkan oleh para orangtua kepada anaknya

Nasyiatul Aisyiyah Kapanewon Turi sebagai organisasi keputrian yang berbasis sosial keagamaan memiliki konsen dalam bidang pendidikan selaras dengan gerakan Muhammadiyah yang fokus pada amal usaha khususnya pendidikan.

Materi yang disampaikan oleh Anisa Dwi Makrufi, M.Pd.I yang merupakan dosen aktif Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UMY ini diawali dengan pembahasan apa itu pendidikan parenting (what), mengapa penting mengkaji ini (why), bagaimana tahapan mendidik anak sesuai fitrahnya (how), dan apa dampak positif ketika menerapkan pendidikan berbasis fitrah ini (what if). Kajian ini diakhiri dengan penyampaian bahasa cinta yang bisa diterapkan dalam pola asuh dan komunikasi antara orang tua dan anak.

Menurut Anisa, fitrah merupakan modalitas utama yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap hambanya. “Idealnya orang tua dapat merawat dan menumbuh kembangkan fitrah yang sudah terinstal dalam diri masing-masing anak,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa pendidikan dengan cinta berbanding lurus dengan pengembangan delapan fitrah manusia yaitu keimanan, bakat, belajar dan menalar, perkembangan, seksualitas dan cinta, individualitas dan sosialitas, estetika dan bahasa, serta fisik dan indera.

Acara ini diikuti sekitar 50 peserta baik dari anggota NA Turi dan juga ibu-ibu dan remaja putri yang concern dengan pendidikan anak secara Islami, ditengah maraknya gempuran gadget dan dunia informasi kali ini tentunya orang tua harus punya pegangan dalam pendidikan anak.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!