31.5 C
Jakarta

Keren! Siswa Kelas 11 SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Luncurkan “Jurnal Gemai”

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Baru-baru ini siswa kelas 11 SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta meluncurkan sebuah jurnal. Jurnal tersebut dinamakan “Gemai” yang merupakan singkatan dari kata (akronim) Gerakan Membaca Artikel Ilmiah. Gemai sendiri merupakan salah satu nama program kegiatan pembelajaran di kelas 11 yang terkait dengan artikel riset penelitian.

Kumpulan karya siswa tersebut sengaja dibukukan sebagai motivasi bagi siswa agar mereka menyukai dunia penelitian. Eko Arianto, salah satu guru kelas 11 menuturkan bahwa produk yang dinamakan “Jurnal Gemai” ini berisi review-review artikel riset yang dilakukan oleh siswa. “Kami mendorong kepada siswa agar mereka mampu memberikan ulasan atau review sebuah riset di bidang ilmu pengetahuan yang mereka minati,” ujar Ari.

Selain me-review jurnal penelitian, siswa juga diminta untuk mempresentasi hasil kajian atau review yang mereka lakukan di depan guru dan teman-teman yang lain untuk didiskusikan hasil review-nya. Dengan demikian, siswa akan mendapatkan pengetahuan baru dan mengetahui metodologi dari sebuah hasil penelitian. “Memang, kegiatan ini kami rancang dengan tujuan agar siswa terbiasa dengan kajian yang bersifat ilmiah sebagai bekal ketika kuliah kelak,” imbuh Ari.

Dalam Jurnal “Gemai” ini, selain berisi hasil review artikel oleh siswa, juga terdapat refleksi kegiatan Sit In University yang diikuti siswa kelas 11. Sebagai informasi, kegiatan Sit In University merupakan program SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dalam mengenal iklim di perguruan tinggi. Siswa kelas 11 mengikuti perkuliahan dalam tenggang waktu yang telah ditentukan bersama dengan dosen dan mahasiswa di program studi yang diminati siswa. “Kami sangat senang siswa bisa mengikuti kegiatan Sit In University sekaligus siswa mampu membaca dan me-review jurnal penelitian yang menjadi iklim akademik di kampus,”pungkas Ari. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!