30.4 C
Jakarta

Keren! UMS Panen Akreditasi UNGGUL BAN-PT

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil memanen 32 Program Studi dengan akreditasi BAN PT UNGGUL.

Ketiga puluh dua prodi yang meraih peringkat akreditasi UNGGUL tersebut berasal dari Program Sarjana 23 prodi,  Program Magister sebanyak 8 prodi dan 1 Program profesi.
Demikian diungkapkan Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif. “Alhamdulillah, banyak prodi kita terakreditasi unggul,” papar Sofyan Anif, Selasa (8/2).

Akreditasi Unggul, menurutnya, dapat dikatakan bahwa universitas tersebut sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya dan telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia. “Akreditasi unggul kini menjadi idaman setiap pengelola perguruan tinggi,” jelasnya.

Berdasarkan peraturan BAN-PT nomer 1 tahun 2020, tentang mekanisme akreditasi, bahwa istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik atau Tidak Terakreditasi, untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

Capaian panen akreditasi 32 prodi dari berbagai jenjang tadi telah mencapai puncaknya pada perolehan peringkat Akreditasi Institusi/ Perguruan Tinggi (APT) BAN PT bahwa UMS mampu meraih predikat UNGGUL. Capaian APT Unggul UMS ini sangat monumental karena dalam bulan yang sama, yaitu pada Februari 2021, UMS telah berhasil 2 kali meraih reputasi unggul.

Dengan Surat Keputusan BAN-PT No. 1310/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/III/2022, tanggal 1 Maret 2022 menyatakan bahwa Program Studi Akuntansi, pada Program Sarjana S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul dan Surat Keputusan BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NOMOR : 1230/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/II/2022 menyatakan bahawa Program Studi Pendidikan Agama Islam berakreditasi Unggul. “Ada tambahan 2 prodi unggul di UMS, pada Februari.”

Rektor menyampaikan bahwa kinerja dan kepercayaan masyarakat tentang UMS telah mampu mencapai tahap pemantapan reputasi nasional maupun internasional

“Capaian  menunjukkan bahwa kinerja dan kepercayaan masyarakat luas, bahwa UMS telah mampu mencapai tahap pemantapan reputasi nasional maupun internasional UMS,” terang Rektor UMS.

Capaian predikat UNGGUL tersebut didasarkan pada segudang prestasi yang diraih UMS pada level nasional maupun level internasional.  Yaitu: (1) Jumlah prodi yang terakreditasi A/Unggul 38 dari 60 prodi (63,33%); (2) Jumlah prodi yang terakreditasi/tersertifikasi internasional 5 dari 60 prodi (8,33%); (3) UMS masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada pemeringkatan internasional QS World University Rankings pada tahun 2021; (4) UMS masuk dalam 3 besar perguruan tinggi Islam terbaik di dunia pada pemeringkatan internasional uniRank pada tahun 2021; (5) UMS dinobatkan sebagai peringkat 1 pengelola MBKM dari Kemendikbudristek melalui LLDIKTI VI; (6) UMS didukung oleh Guru Besar terbanyak di lingkungan PTM/A dan LLDIKTI VI; (7) Dua dosen UMS masuk dalam 10 besar nasional pemeringkatan author bereputasi internasional pada SINTA Kemristekdikti tahun 2021; dan (8) Sejumlah prestasi kreativitas, bakat, minat kemahasiswaan di level nasional maupun internasional. (Brondy)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!