25.5 C
Jakarta

Ketua PWPM Kalteng : Tugas KOKAM tidak hanya sebagai pelengkap dalam struktur Pemuda Muhammadiyah

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

PALANGKA RAYA, MENARA62.COM– Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan (PWPM) Tengah mengirimkan anggota Komando Kesiapsiagaan Muhammadiyah (KOKAM) mengikuti Pendidikan Latihan (Diklat) Instruktur di Kalibening, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah pada Rabu sampai Ahad, 21-25 September 2022.

Acara ini adalah ikthiar Markas Besar (mabes) KOKAM Nasional untuk menghasilkan instruktur yang handal dan Tangguh sesuai dengan pedoman yang telah distandarisasi oleh Mabes KOKAM.

Dalam kegiatan ini PWPM Kalteng mengirim 3 orang, 2 orang dari wilayah dan 1 orang dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Tengah mengatakan sudah menjadi keharusan Bagi PWPM Kalteng untuk mengikutsertakan Anggota KOKAMnya untuk mengikuti diklat ini, mengingat minimnya instruktur yang dimiliki, dan ketika pengkaderan masih sering mendatangkan instruktur dari luar daerah.

Dengan adanya kegiatan diklat instruktur ini kedepan pengkaderan kokam kita sudah memiliki instruktur, tentu dengan tujuan untuk memasifkan pengkaderan di Kalteng untuk eksistensi kokam dan Pemuda muhammadiyah.

” Semoga dengan adanya diklat instruktur ini, pengkaderan KOKAM akan lebih meningkat kualitasnya, serta menghasilkan kader kader KOKAM yang militan untuk umat, bangsa dan negara, dan tentu juga persyarikatan” ujar Priyono.

” Tugas KOKAM tidak hanya sebagai pelengkap dalam struktur Pemuda Muhammadiyah, KOKAM kedepannya harus siap dengan segala tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan umat”

Priyono berharap dengan adanya diklat instruktur ini kita dapat selalu siap sedia saat dibutuhkan maupun tidak. Karena itu kader kader KOKAM harus dibekali dengan pengetahuan yang luas terkait bela negara, kebencanaan, dan lainnya,

” satu hal yang perlu diingat, sebagai bagian dari elemen Islam, tentu KOKAM juga harus memiliki semangat dan jiwa keislaman serta akidah dan tauhid yang kuat tentunya” tutupnya.

Mabes KOKAM Nasional mengkonsep instruktur Diklat ini dikelola sendiri oleh anggota KOKAM, bukan dari luar KOKAM, seperti dari TNI dan POLRI.

Diklat Instruktur Markas Besar KOKAM Nasional di Kalibening Banjarnegara, Jawa Tengah ditutup pada Ahad, 25 September 2022.
Bagi Mabes KOKAM Nasional, Diklat Instruktur adalah implementasi dari Buku Panduan Diklat yang sudah dibuat. Tentu saja juga menghasilkan Instruktur Diklatsar KOKAM yang tangguh dan memberi kontribusi bagi pengembangan KOKAM di seluruh Indonesia

KOKAM Pulang Pisau

Sementara itu Abdullah Fajrin Ikhsan salah satu peserta dari KOKAM Pulang Pisau sangat bangga bisa mewakili Pimpinan pemuda muhammadiyah Pulang Pisau dan mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada para pemateri dan instruktur bagaimana sudah mendidik, membina dan serta banyak memberi ilmu pengetahuan.

Kader KOKAM Pulang Pisau mengikuti diklat Instruktur KOKAM Di Kali bening Banjarnegara (doc.KOKAM)

 

Ia sangat senang diklat ini menambah silaturahim sesama kader KOKAM seluruh Imdonesia.

” InsyaAllah ilmu yang saya dapat bisa diterapkan ke daerah lain, khususnya di PDPM Kabupaten Pulang Pisau” katanya.

Diklat Instruktur ini dilaksanakan supaya lahir para instruktur yang handal dan tangguh. Total, ada 65 peserta Diklat Instruktur dari KOKAM seluruh Indonesia, dan yang lebih membanggakan semua instruktur seratus persen murni dari anggota KOKAM, bukan dari luar KOKAM, seperti dari TNI dan POLRI.

Diklat ini mampu menghasilkan instruktur yang handal dan Tangguh dan memberi kontribusi bagi pengembangan KOKAM di masa depan. (Bonni Febrian)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!