28.9 C
Jakarta

Komunitas Gowes Wisata Muhammadiyah Kota Jogja Jelajahi Indahnya Kotagede

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Sabtu pagi nampak rombongan warga Muhammadiyah bersepeda menyusuri jalan-jalan kota. Mereka adalah para pimpinan cabang se-Kota Yogyakarta yang sedang mengikuti kegiatan “Gowes Wisata Cabang Muhammadiyah”. Kegiatan itu buah kolaborasi Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) dan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta. Sepeda berkeliling kota dimulai dari kantor PDM Kota Yogyakarta di Jalan Sultan Agung.

Dengan anggotanya mencapai 300-an orang  pada Sabtu pagi itu, Alhamdulillah menjadi ajang gowes perdana setelah libur Romadlon. Jarak yang ditempuh tak terasa sejauh 15 km. Dengan  peserta 75 warga dikarenekan mungkin masih syawal  jadi masih banyak yang ijin dan peserta kali ini dibatasi 100 orang.

Route kali ini cukup menantang karena masuk gang-gang sempit yang berada di daerah Kemantren Kotagede.

Menurut salah satu penggiat Gowesmu Ophit Alfani K kepada Menara62.Com pada Ahad 15 Mei 2022  peserta disuguhi bermacam-macam tempat heritage Kotagede dan RTH ataupun bantaran sungai yang sudah disulap menjadi lokasi yang nyaman untuk bersantai ditambah lagi banyaknya wisata kuliner yang dilewati dengan aroma masakan yang menggoda.

“MasyaAlloh kekayaan destinasi wisata di Kotagede benar-benar tidak cukup kalau dinikmati hanya lewat saja.  Semoga kedepannya ini bisa menjadi paket wisata alternatif yang bisa digarap oleh Muhammadiyah sebagai sarana mengenalkan tempat-tempat bersejarah dan kuliner-kuliner masyarakat Kotagede yang rasanya top markotop,” katanya.

Dengan adanya wisata jelajah kampung seperti ini diharapkan bisa menjadikan ekonomi masyarakat meningkat, dan mengangkat budaya setempat agar semakin dikenal dan bahkan mendunia.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!