30.2 C
Jakarta

Koramil 405-01 Tebing Tinggi Bangun Jamban Untuk Anak-Anak Panti Asuhan Muhammadiyah

Baca Juga:

EMPATLAWANG-SUMSEL,MENARA62.COM– Koramil 405-01 Tebing Tinggi bangun jamban untuk anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah yang terletak di Jalan Brigjen Yahya Bahar Dusun Padang Ajan Kelurahan Kupang, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel. Pembangunan tiga jamban tersebut melibatkan semua satuan di Koramil 405-01 Tebing Tinggi.

 
“Kita bergotong royong untuk membangun jamban ini, dan kami sudah mulai Jumat pekan lalu” papar Sudiono Danramil melalui Wadanramil Andi, Selasa (26/9/2017). Hadir Sekretaris Kecamatan Tebing Tinggi mewakili Camat Sopian, SIP, Lurah Kelurahan Pensiunan Khairil Anwar, S.Sos. dan warga masyarakat lainnya.

Andi mengatakan bahwa program pembangunan jamban harus dilakukan seselektif dan sebaik mungkin. Jangan sampai program tersebut salah sasaran atau salah penggunaan mengingat keterbatasan dana yang ada.

“Anggaran yang kita miliki sangat terbatas. Karena itu kita gandeng pula masyarakat luas,” tambahnya.

Pembangunan jamban ini  merupakan salah satu kegiatan Bhakti TNI non (bukan) Operasi Militer. Kegiatan tersebut dilakukan oleh hampir semua satuan di Indonesia karena merupakan salah satu program dari Panglima TNI.

Selain di Panti Asuhan Koramil 405-01 Tebing Tinggi juga telah dibangun jamban didaerah Saling.

Sa’at ini Panti Asuhan Muhammadiyah yang diketuai oleh Medi Suhandra mengasuh 54 orang putra dan putri. Panti asuhan tersebut menempati 4 ruang SMA Muhammadiyah. Tiga ruang untuk asrama dan 1 ruang untuk sekretariat panti.

Sementara jamban, tempat mandi dan cuci semua dipusatkan di sungai Natak yang lokasinya tak jauh dari panti.

 “Alhamdulillah ada bantuan jamban dari TNI. Seluruh penghuni panti senang,” kata Daud, salah satu pembina panti.

Diakui sebelum dibangun jamban, penghuni panti lebih banyak buang air besar dan kecil langsung ke aliran sungai. Selain tidak sehat, kondisi tersebut juga membuat air sungai tercemar.

“Setelah ada jamban ini anak-anak belajar menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Mereka juga tak perlu takut lagi kalau harus buang air dimalam hari,” tuutup Daud. – indra –

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!