26.2 C
Jakarta

LAZISMU Gelar Survey Indeks Literasi Zakat Secara Online, Yuk Ikutan!

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Lembaga zakat Muhammadiyah LAZISMU Pusat akan mengadakan survey online kepada warga Muhammadiyah untuk mengetahui tingkat pemahaman dan wawasan mengenai ilmu dan konsep zakat yang dimiliki oleh warga Muhammadiyah. Survey yang disebut dengan Survey Indeks Literasi Zakat (ILZ) ini merupakan metode perhitungan tingkat pemahaman ilmu dan wawasan zakat masyarakat.

Edi Suryanto, Direktur LAZISMU mengatakan survey ini dilaksanakan karena rendahnya tingkat literasi zakat masyarakat. “Rendahnya literasi zakat masyarakat menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat penghimpunan dana zakat,” kata Edi dalam siaran persnya, Selasa (29/9/2020).

Survey ILZ dikelola LAZISMU Pusat, didukung oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berserta Majelis, Lembaga, dan Ortom (MLO) Muhammadiyah. Partisipan dari survey ini adalah warga Muhammadiyah baik simpatisan / jama’ah, anggota, pengurus, maupun pimpinan Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Untuk mengikuti survey ini, responden dapat mengunjungi laman http://bit.ly/SurveyILZ dan mengisi kolom jawaban secara spontan dari pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan. Laman tersebut bisa diakses melalui smartphone, tablet, laptop, dan komputer. Periode survey dimulai pada tanggal 16 September 2020 sampai dengan 26 Oktober 2020.

“Jangan sampai kelewatan, karena ada doorprize sebesar Rp100.000 bagi 20 partisipan yang terpilih secara acak! Ayo isi survey!” tutup Edi.

Berdasarkan penelitian di tahun 2015 potensi dana filantropi Warga Muhammadiyah & Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mencapai Rp524 miliar. Angka tersebut masih terus berkembang hingga tahun 2020.

Namun demikian, hasil penghimpunan lembaga masih belum mampu mencapai titik optimal. Salah satu penyebab kurang optimalnya penghimpunan dana zakat adalah rendahnya kesadaran dan tingkat literasi masyarakat terhadap zakat. Pengetahuan mengenai zakat menjadi aspek penting mengingat dalam kajian perilaku manusia, faktor kognitif berpengaruh besar pada keputusan seseorang dalam bertindak termasuk didalamnya tindakan berderma.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!