27.9 C
Jakarta

Lazismu Sempaja Selatan distribusikan 540 wakaf Al-qur’an

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat


SAMARINDA, MENARA62.COM – Syiar bidang agama dan kemanusiaan terus digagas oleh Lembaga Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sempaja Selatan yang beralamat di Jalan Perjuangan 9 no 7 Kota Samarinda. Salahsatunya adalah Gerakan wakaf Al Quran.

Sebelumnya, pada bulan Ramadan Lazismu SS menyalurkan untuk masjid mushola binaan komunitas kampung Buton dan warga binaan sebanyak 400 buah Al Quran hadiah Raja Saudi melalui kantor Atase Agama Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta kerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sempaja Utara, selasa (14/6/2022) kembali meneruskan program dengan mendistribusikan 540 mushaf Al Quran yang diberikan kepada calon siswa baru SMP dan MTs Muhammadiyah se-kota Samarinda.

Distribusi Al Quran dilakukan oleh relawan Lazismu SS yang terdiri dari mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamamdiyah Kalimantan Timur diantaranya Maulidya Putri, Siti Maisarah, Rewinda Haifa Azizah, Fegi Reza Wijayanti, Fitria Nur Halizah, Zahra Syabrina Khaerunnisa, dan Iqbal Syahputra yang kerelawanan sebagai bagian tugas mata kuliah Kemuhammadiyahan.

Wakaf Al Quran ini merupakan program Sinergi Lazismu SS dengan bikers subuhan Samarinda dan Komunitas Riau mengaji.

Toto Agus Suriyanto, Kepala Sekolah SMP Muhamamdiyah 5 saat menerima bantuan mengatakan, “Alhamdulillah dengan datangnya Al Qur’an bantuan LazisMu SS bagi seluruh siswa baru SMP Muhammadiyah 5 Samarinda, sangat membantu orang tua yang diwajibkan untuk membawa Al Qur’an saat nanti memasuki tahun ajaran 2022/2023 dibulan Juli ini.

Lanjutnya, bantuan ini mengurangi beban biaya bagi orang tua santri untuk membeli Al qur’an. Bantuan ini juga sangat bermanfaat bagi SMP Muh 5 dimana Al qur’an yang dipakai siswa menjadi seragam dengan warna dan corak yang sama, keseragaman ini baik sekali untuk membuat liputan video santri mengaji sehingga secara visual lebih layak jual untuk promosi sekolah.

Kaprodi Kesehatan Masyarakat UMKT, Nida Amalia, M.PH mengapresiasi mahasiswa yang turun sebagai relawan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat. Dalam pesan singkatnya Nida Amalia mengatakan, “Memberdayakan Masyarakat, berawal dari memberdayakan diri sendiri untuk menebar kebermanfaatan untuk sesama, sehangat sinar surya dipagi hari, setulus dan indahnya lantunan ayat suci Al-Qur’an bersama syiar Muhammadiyah.”

Penanggung jawab program lazismu SS Machnun Uzni memberikan keterangan, program wakaf al quran pada bulan juni ini disalurkan 1000 Al Quran dan 540 diantaranya disalurkan dengan dibantu distribusinya oleh relawan mahasiswa. Secara keseluruhan Wakaf Al Quran dari Komunitas Riau mengaji sebanyak 10.000 dan pengadaan Gudang distribusi menjadi satu dengan kantor layanan Lazismu SS di Jalan Perjuangan 9.

Salahsatu relawan mahasiswa, Maulidya Putri mengaku gembira dengan turut serta dalam progam ini, ungkapnya “Seru sekali, apalagi ketika bisa berinteraksi dengan orang – orang baru, sikap ramah kepala sekolah dan guru – guru dari SMP dan MTS yang kami datangi. Meski tadi kami sempat kehujanan ataupun kepanasan tapi itu bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi kami.”

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!