31 C
Jakarta

Lolos Seleksi PPPK, Ketum PGRI Sebut Puluhan Ribu Guru Honorer Belum Terima SK

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi ratusan ribu guru honorer ternyata belum membuat mereka bisa lega bernafas. Pasalnya, dari 173 ribu guru honorer yang lolos PPPK, hanya sekitar 90 ribu atau sekitar 65 persen saja yang sudah terima SK PPPK.

“Sisanya belum diangkat secara resmi. Padahal ini sudah bulan Mei,” papar Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi di sela halal bihalal PGRI digelar secara hybrid, Sabtu (21/5/2022).

Pun bagi mereka yang sudah lulus, ternyata juga belum semuanya mendapatkan formasi. Padahal dalam pernyataannya, pemerintah mengaku menyediakan kuota 1 juta guru untuk mengisi kekurangan guru di hampir semua daerah melalui mekanisme PPPK.

Unifah mengaku tidak tahu persoalan lambatnya penerbitan SK guru PPPK dan ketersediaan formasi tersebut ada dimana. Baik pemerintah pusat, BKN maupun pemerintah daerah saling lempar tanggung jawab.

Menurut Unifah, target 1 juta guru melalui mekanisme PPPK tidak bisa diimplementasikan. Karena ternyata banyak daerah yang tidak diberikan alokasi dana, sehingga mereka memilih tidak mengusulkan kebutuhan guru dalam rekruitmen PPPK. “Mereka khawatir tidak bisa membayar guru-guru ini. Jadi memang harus dicari solusinya,” tambah Unifah.

Bagi Unifah, pengangkatan guru melalui mekanisme PPPK juga sangat mengkhawatirkan. Karena faktanya saat ini pemerintah seperti tidak memiliki rencana mengangkat guru melalui jalur ASN. Pemerintah lebih fokus mengangkat guru melalui mekanisme PPPK ini.

“Saya khawatir jika seperti ini akan menurunkan minat generasi muda terbaik untuk menjadi guru. Padahal guru menjadi garda terdepan pendidikan dan itu membutuhkan SDM yang berkualitas baik,” tandas Unifah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!