32.4 C
Jakarta

Mahasiswa KKN UAD Berolahraga dan Berlomba bersama Warga

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Ahad, (21/8/2022), pagi-pagi sekali tepatnya pukul 06.00 WIB para warga Selo RT. 06 Dagaran, Desa Palbapang, Bantul, Yogyakarta sudah berkumpul di sepanjang jalan kampung. Tepat di salah satu sudut jalan terdapat panggung dengan nuansa warna merah putih. Di sekitar area panggung, terlihat para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 96 Kelompok III.A.1 turut membaur bersama pemuda dan remaja.

Mereka bersiap untuk mengawali kegiatan semarak kemerdekaan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Acara hari itu, terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yaitu jalan sehat, senam bersama, lomba, dan sarapan bareng.

Kepala Dukuh Dagaran, Harjono dalam sambutannya berpesan bahwa, “Rangkaian kegiatan olahraga masyarakat dan lomba 17-an ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan untuk semakin memupuk nasionalisme dan mempererat hubungan antar warga.”

Rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan diawali dengan jalan sehat yang dilaksanakan dengan menyusuri rute sejauh 2,1 km di lingkungan Kelurahan Palbapang, Bantul. Tampak raut kegembiraan warga saat berjalan bersama keluarga dan tetangga dengan diiringi pemandangan hamparan sawah dan pemandangan khas lingkungan pedesaan yang asri.

Selesai jalan sehat, warga berkumpul di area panggung untuk mengikuti senam bersama. Seakan tidak lelah, tampak para warga begitu enerjik dan semangat mengikuti gerakan instruktur. Riuh gelak tawa dan keceriaan mengiringi kegiatan senam bersama.

Acara dilanjutkan dengan sarapan bareng. Terlihat para warga dan juga mahasiswa KKN UAD tampak menikmati hidangan yang telah disiapkan dalam suasana penuh keakraban.

Rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan ditutup dengan aneka perlombaan 17an yang diikuti oleh semua kalangan warga mulai dari balita, anak-anak, remaja, orangtua, hingga lansia. Di sela-sela perlombaan, dilakukan pembagian doorprize sehingga menambah semarak acara.

Ketua panitia dan juga sekaligus ketua RT, Suparman menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi antara warga dengan mahasiswa KKN UAD. “Terimakasih kepada seluruh warga atas sumbangsihnya baik berupa harta benda, pikiran, maupun tenaganya dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak lupa kepada para mahasiswa KKN UAD yang telah membantu persiapan hingga pelaksanaan pada hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Hasim salah satu mahasiswa KKN UAD menyatakan bahwa kegiatan jalan sehat dan senam bersama yang diselenggarakan warga sesuai dengan salah satu program kerja di bidang olahraga masyarakat. “Kami senang, kehadiran kami diterima dengan sangat baik oleh warga dan bahkan diajak berkolaborasi dalam kegiatan warga. Melalui ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Salah satu warga, Titis Nurina menilai bahwa kehadiran mahasiswa KKN UAD sangat membantu. “Alhamdulillah, kakak-kakak KKN UAD turut berkontribusi dalam kesuksesan acara jalan sehat. Selama masa persiapan sebelum acara, mereka melatih dan mendampingi para remaja sehingga berani tampil menjadi pembawa acara, dirijen, hingga petugas-petugas lomba. Hal ini penting untuk bekal keterampilan para remaja di masa depan,” ungkapnya.

Adapun kelompok mahasiswa KKN UAD 96.III.A.1 beranggotakan 9 orang yaitu: Hasim, Andhika Arif Ekaputra, Ibnu Alifil Mulyahaqqi, Muhammad Shafwan, Rina Meilani Nata Puteri, Khairunnisa Eka Rahmadini, Radiatul Adawiyah, Dea Larasati, dan Sekar Arum Walyatalathof dengan dosen pembimbing Nur Syarianingsih Syam, S.K.M., M.K. (Agung Widodo)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!