34.1 C
Jakarta

Mahasiswa UMS Gelar Aksi Inspiratif Peduli Lingkungan di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan sosialisasi dan kegiatan Adiwiyata di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Dengan semangat untuk peduli dan melestarikan lingkungan, mereka telah berhasil menginspirasi siswa-siswi SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta dalam menjalankan praktik ramah lingkungan yang berkelanjutan. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuktikan dedikasi mereka terhadap lingkungan dengan sukses melaksanakan program Adiwiyata di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Dalam upaya untuk mengajarkan kesadaran lingkungan kepada anak-anak, mahasiswa tersebut mengadakan serangkaian kegiatan yang menginspirasi siswa-siswi untuk menjaga kebersihan, mengurangi sampah, dan melestarikan alam sekitar.

Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperlihatkan komitmen mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan melaksanakan program Adiwiyata di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Dalam program tersebut, mahasiswa bekerja sama dengan sekolah untuk mengedukasi siswa-siswi mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Mereka telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang berhasil menginspirasi siswa-siswi SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Salah satunya adalah sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengurangi sampah, pada Selasa (13/6/2023). Melalui presentasi dan diskusi interaktif, mahasiswa berhasil menyadarkan siswa-siswi akan dampak negatif dari sampah plastik dan cara-cara mengurangi penggunaannya. Mereka juga mengajarkan tentang pentingnya memilah sampah dan mendaur ulang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selain itu, mahasiswa UMS tersebut juga melaksanakan kegiatan membuat kreasi pot tanaman dari botol bekas di lingkungan sekolah pada Rabu (14/6/2023). Mereka mengajak siswa-siswi kelas 4 dan 5 untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan prinsip 3R yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), dan Recycle (Mendaur ulang). Para mahasiswa memberikan pengetahuan tersebut agar siswa-siswi dapat melakukannya sendiri di rumah atau di lingkungan sekitar mereka. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta diajarkan pentingnya peran mereka dalam menjaga lingkungan dan memberikan warisan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Dengan keberhasilan pelaksanaan program Adiwiyata oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta, diharapkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dapat semakin tumbuh dalam diri siswa-siswi,”Zulfirhan, perwakilan mahasiswa. Mereka juga berharap bahwa kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak sekolah dasar untuk melaksanakan program Adiwiyata guna menciptakan generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!