32.6 C
Jakarta

Mahasiswa Unismuh Beri Inovasi Tata Busana bagi Siswi Tunarungu SLBN 1 Makassar

Baca Juga:

MENARA62.COM, MAKASSAR– Kehadiran mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2024 memberikan angin segar bagi para siswi tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Makassar. Melalui pelatihan desain, menggunting, dan menjahit pakaian, para siswi diajak untuk mengembangkan keterampilan tata busana.

Kepala SLBN 1 Makassar, Andi Hamjah, S.Pd, M.Pd, menyambut baik inisiatif ini. Ia menegaskan bahwa kegiatan ini sangat positif, terlebih mengingat SLBN 1 Makassar telah ditunjuk oleh Kemendikbud sebagai satu-satunya lembaga uji sertifikasi kompetensi tata busana untuk anak disabilitas. Kolaborasi dengan mahasiswa Unismuh ini sejalan dengan amanah tersebut.

“Selama tiga tahun berturut-turut, sekolah kami telah menjadi juara nasional dalam lomba tata busana disabilitas. Kami berharap kehadiran mahasiswa Unismuh Makassar akan semakin meningkatkan keterampilan siswi kami,” ujar Andi Hamjah saat membuka Pameran dan Penjualan Hasil Karya Siswa Tunarungu SLB Negeri 1 Makassar, Jumat (21/6/2024).

Acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan Duta Kampus Unismuh Makassar 2023, Andi Ummul Resky Luthfiah, serta peragaan busana dan penjualan hasil karya siswa. Tim tunarungu berkarya juga menyampaikan pesan inspiratif tentang pentingnya meraih prestasi dan mengukir sejarah.

Ketua tim PKM Unismuh Makassar, Lukman, mengungkapkan rasa harunya melihat semangat para siswi. “Tidak harus sempurna untuk berkarya. Yang paling utama adalah niat, ketekunan, dan usaha,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Dr. Syukri, S.Sos, M.Si, dosen pembimbing Dr. Muhammad Yahya, M.Si, serta sejumlah dosen dan guru SLBN 1 Makassar.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan potensi anak-anak berkebutuhan khusus.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!