28.9 C
Jakarta

Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dukung Program “English for Indonesia” British Council

Baca Juga:

Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dukung Program "English for Indonesia" British Council
British Council dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta meluncurkan program English for Indonesia, (2/10/2018).

JAKARTA, MENARA62.COM – Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dukung Program “English for Indonesia” British Council. Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah menyambut baik peluncuran program English for Indonesia oleh British Council Indonesia dan Kedutaan Besar Inggris yang menggunakan platform daring.

Menurut Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah H R Alpha Amirrachman MPhil PhD, di era revolusi inudstri 4.0 ini dunia pendidikan tidak bisa lepas dari digitalisasi.

“Kebetulan kami juga sedang mengembangan Edukasi Digital Muhammadiyah (EduMu) yang akan menghubungkan 7000an sekolah dan madrasah Muhammadiyah di seluruh penjuru tanah air. Program English for Indonesia akan kami jadikan salah satu fitur andalan kami untuk mendorong siswa dan guru Muhammadiyah menjadi lebih terampil dalam berbahasa Inggris,” ujar Alpha dalam sambutannya pada peluncuran program English for Indonesia di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta (2/10/2018).

English for Indonesia adalah sebuah program melalui situs internet. Program ini menyediakan pembelajaran berdasarkan usia dan tingkat kemampuan. Ada empat program berbeda yang ditawarkan, yakni Learn English Kids untuk anak-anak, Learn English Teens untuk remaja, Learn English untuk orang dewasa dan Teaching English untuk para guru.

Turut hadir pada peluncuran tersebut YM Duta Besar Ingris untuk Indonesia Moazzam Malik, Direktur Bristish Council Indonesia Paul Smith, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, pegiat pendidikan Najeela Shihab, penyanyi Glenn Fredly dan sineas dr Tompi.

Menaker Hanif mengatakan, program ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

“Lima puluh delapan persen angkatan kerja kita lulusan SD dan SMP. Dalam konteks SDM ini, ada tiga kompetensi yang kurangf: leadership, computer dan bahasa. Program English for Indonesia menjadi upaya penting untuk turut meningkatan kompetensi berbahasa Inggris para pekerja kita,” ujar Hanif.

Sementara Duta Besar Moazzam Malik mengatakan, Bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan paling luas di dunia.

“Bahasa Inggris juga bahasa internasional untuk bisnis, diplomasi, penelitian dengan standar internasional dan digunakan oleh institusi-institusi tingkat dunia. Saya bangga dengan diluncurkannya English for Indonesia karena akan memberikan kesempatan pada masyarakat Indonesia untuk bias mengakses materi belajar dan mengajar Bahasa Inggris kelas dunia tanpa dipungut biaya,” ujar Moazzam

Direktur British Council Indonesia Paul Smith berharap sebanyak mungkin masyarakat Indonesia memanfaatkan program yang bebas biaya ini. Masyarakat bisa mengakses pembelajaran bahasa Inggris di mana pun mereka berada.

“Di rumah, di kantor, sedang menunggu bis, mereka bisa melakukannya saat terjebak macet, hanya buka situs web dan mulai menggunakannya. Saya juga berharap Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dapat kembali melanjutkan kerjasama dengan British Council, sebagaimana sudah dirintis sebeliumnya oleh Sekretaris Umum Pak Abdul Mu’ti,” ujar Paul.

Alpha berharap, akan lebih baik program ini diawali dengan tatap muka untuk menyamakan persepsi dan memberikan petunjuk awal bagi guru-guru dalam menggunakan situs Teaching English secara daring.

“Agar selanjutnya guru-guru dapat menggunakannya secara on-line dan mandiri dan memanfaatkannya secara efektif dan maksimal di mana pun mereka berada,” ujarnya.

Sementara praktisi pendidikan Najeela Shihab menambahkan tantangan pendidikan daring adalah komitmen yang kuat. “Justru di sinilah keuntungannya, mereka yang menggunakan program ini hampir bisa dipastikan adalah individu-individu yang memang memiliki komitmen dan semangat untuk maju,” ujar Najeela.

Berikut adalah situs-situs program English for Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan:

www.britishcouncil.org/learnenglish

www.britishcouncil.org/learnenglishkids

www.britischcouncil.org/learnenglishteens

www.teachingenglish.org.uk

Kedutaan Besar Inggris dan British Council Indonesia juga menggandeng harian Kompas yang akan menghadirkan rubrik cetak pelajaran Bahasa Inggris dan TVRI yang akan menayangkan program ini melalui siarannya secara berkala.

 

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!