25 C
Jakarta

Milad ke-60 Tahun, Masjid At Taqwa Sidoharjo Gelar Shalat Subuh Berjama’ah bersama Ustadz Sri Purnomo dan Biker Subuh Jogja

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Usia 60 tahun ibarat orang adalah usia yang sudah matang dan semakin mendekatkan diri kepada sang Khalik.  Di usia ini pula Masjid At Taqwa Sidoharjo, Kendal Bangunkerto Turi  yang berlokasi di pinggir jalan Turi-Pakem Km 4 mencoba terus memakmurkannya dengan aneka kegiatan. Mulai dari sholat berjama’ah, sholat Jum’at, pengajian rutin dan berbagai kajian. Kegiatan Jum’at Barokah pun kembali digelar setelah sempat libur akibat pandemi.

60 tahun berdirnya masjid at Taqwa Sidoharjo juga bersamaan dengan penanda lahirnya Muhammadiyah Cabang Turi.  Hal ini nampak dalam prasasti yang tertulis di kaca masjid.

Pada Sabtu Subuh 16 Dzulhijjah 1443 H /  16 Juli 2022 jama’ah masjid kedatangan tamu dari Bikers Subuhan Jogja yang kali ini menggelar putaran ke-179 dan tausiyah bersama Drs. H. Sri Purnomo, M.Si. (Mantan Bupati Sleman), sebagaimana disampaikan Takmir Masjid M Hanafi serta Andi Bayu salah satu coordinator Biker Subuhan Jogja daerah Sleman, Owner  Garasi Oto Galery dan juga jamaah masjid.

Selain jamaah masjid Sidoharjo dan warga sekitar hadir pula dr. Raudi Akmal anggota DPRD Sleman.

Pada kesempatan silaturahmi dengan jamaah masjid yang berbaur dengan para biker subuhan, koordinator BSJ Tieto RS menyampaikan “kami bergabung dalam sebuah wadah untuk para penghobby berkendara roda dua yang mengkhususkan diri untuk meramaikan dan memadatkan shaff dikala sholat subuh. Syiar kami dari masjid ke masjid diwilayah DIY, setiap Sabtu kami meniatkan diri untuk belajar memperbaiki adab kami dengan subuhan berjamaah.”

Berawal 29 Juli 2017 hingga saat ini kurang lebih ada sekitar 600-an jamaah. “Dan inilah jalan syiar yang dipilih, karena dakwah tak hanya diatas mimbar (diatas motorpun jadi jalan syiar kami) semoga Allah Ridho. Kegiatan BSJ hanya subuhan berjamaah, bersih bersih masjid, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lain,” lanjutnya.

Masjid merupakan rumah yang menjadi pusat kegiatan umat Islam selain tempat shalat, tempat taklim, dan bisa dioptimalkan untuk bermacam kegiatan lain yang bermanfaat.

Sri Purnomo dalam tausiyahnya menyampaikan betapa orang-orang yang menjalankan shalat subuh dan Isya berjamaah adalah pribadi pilihan. Jamaah solat subuh mempunyai keistimewaan karena beratnya, jika subuh dan Isya saja terpelihara insya Allah yang lainnya akan terjaga.

Allah berfirman “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Sri Purnomo menegaskan bahwa silaturahmi ini untuk memakmurkan masjid sebagai upaya peningkatan ukhuwah islamiyah.  Sebagaimana disampaikan Arief Hartanto salah satu panitia acara pada sabtu ini.

Setelah tausiyah dilakukan juga penyerahan cinderamata kepada jamaah Masjid At Taqwa, sebuah masjid yang menjadi jujugan dan ampiran di seputaran jalan Turi Tempel dilanjutkan sarapan bersama serta ramah tamah untuk tetap menjalin ukhuwah di jalan Allah.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!