24.8 C
Jakarta

Milad ke-63, UMS Gandeng Dalang Cilik SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Milad ke-63 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggandeng SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dalam apresiasi dalang cilik Muhammadiyah Gibran Maheswara Javas Setyawan dan Brama Kesawa putra dari Ki Cahyo Kuntadi Skar MSn di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan besok Sabtu malam Ahad, 13 November 2021.

Demikian disampaikan Kepala Biro Sekretariat Rektorat, Prof Dr Anam Sutopo MHum, ketika menerima Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko, Staf Kesiswaaan Danardono Sri Pamungkas MPd, Pelatih Dalang Ki Agung Sudarwanto MSn, dan Support system Ridho Fadri Prokoso, Kamis Malam (4/11/2021).

Kepala Biro Sekretariat Rektorat, Prof Dr Anam Sutopo MHum, ketika menerima Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko, Staf Kesiswaaan Danardono Sri Pamungkas MPd, Pelatih Dalang Ki Agung Sudarwanto MSn, dan Support system Ridho Fadri Prokoso

Anam Sutopo menyatakan, informasi yang masuk ada generasi baru mas Brama dalang unggulan dan di sana ada dalang cilik mas Gibran yang sudah terkenal di seantero jagat.

”Kami tahu potensi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta memiliki prestasi dalam bidang kesenian khususnya seni pedalangan,”jelas Anam Sutopo.

Selanjutnya, kata Anam, UMS memiliki visi IPTEKS artinya mengandung unsur seni. Oleh karena itu dalam miladnya mengambil tema ‘Unggul dan Mencerahkan’ kita hadirkan seni pedalangan dalam konteks apresiasi seni seorang dalang cilik.

“Selaku warga persyarikatan tentu kita bangga ada bibit unggul di Muhammadiyah dan UMS memiliki kewajiban untuk memberikan apresiasi. Untuk memberikan rasa jempol kepada para pendidiknya maupun si dalang ciliknya itu sendiri,” ungkapnya.

Tentu dalam milad ini tidak hanya sekedar menampilkan pedalangan tetapi ada misi yang dijalankan oleh UMS, yaitu mengajak kepada generasi muda untuk berkiprah di dunia dan profesinya sesuai dengan keahlian yang diimiliki dan UMS ada kepentingan untuk itu.

UMS sebagai calon tuan rumah muktamar ke-48, menghadirkan dalang cilik ini juga menjadi salah satu agenda dan bentuk kesiapan UMS dalam rangka menjadi calon tuan rumah.

“Mudah-mudahan teman-teman persyarikatan baik pimpinan ranting, daerah, cabang dan wilayah bisa hadir di Solo untuk menyaksikkan kiprahnya dalang Cilik Mas Gibran dan Mas Brama untuk memeriahkan hari jadi UMS ke-63 sekaligus untuk mencerahkan semesta sesuai slogannya Muhammadiyah,” bebernya.

Kepala Sekolah, Hj Sri Sayekti MPd, mengucapkan selamat atas Milad ke-63 UMS. Menurut dia, UMS menunjukkan suatu performa, tata kelola, serta upaya progresif untuk mencapai universitas unggul dan menjadi universitas tingkat dunia.

“Baik di dalam pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat, dan pengembangan teknologi merupakan di antara salah satu komponen unggul,” jelas Sayekti. (*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!