28.8 C
Jakarta

MPM PP Muhammadiyah Berdayakan Kaum Difabel

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Isu pemberdayaan difabel semakin banyak diperbincangkan saat ini. Terbukti telah ada UU Nomor 8/2016 tentang penyandang disabilitas. Di daerah juga sudah ada Perda Disabilitas. Di DIY – selain Kota Yogyakarta dan Sleman – Perda Disabilitas masih dalam pembahasan di DPRD. Hal itu semata untuk mewujudkan masyarakat yang inklusi dan ramah terhadap difabel.

Berkaitan dengan hal itu, Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggagas gerakan ramah difabel. “Terutama di lingkungan kampus yang bertajuk komunitas sahabat difabel,” terang Dr M Nurul Yamin, MSi, Ketua MPM PP Muhammadiyah, Jumat (6/1/2017), di Kantor PP Muhammadiyah Jl Cik Di Tiro Yogyakarta.

Di sisi lain, seperti disampaikan Wakil Ketua MPM PP Muhammadiyah, Dr Sarjito, MSi, komunitas itu akan menjadi sarana sosialisasi terhadap sivitas akademika untuk lebih mengetahui tentang isu difabel. Setidaknya sudah ada 4 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah yang mahasiswanya telah bersedia menginisiasi gerakan ramah difabel, yaitu di UMY, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, UAD Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

“Nantinya, komunitas ini akan terus disosialisasikan ke seluruh Indonesia agar seluruh kampus menjadi bagian dalam gerakan ramah difabel,” kata Sarjito yang menjabat Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Sementara itu, Dra Hj Latifah Iskandar dari PP Aisyiyah, mengatakan, perjuangan mencapai masyarakat inklusi harus didorong dari organisasi masyarakat, khususnya Muhammadiyah. “Sebagai komitmen penuh terhadap pemberdayaan difabel, saya menyambut baik MPM yang menggagas sebuah gerakan ramah difabel,” kata Latifah Iskandar.

Hal itu bertujuan untuk mengajak masyarakat agar menjadi akrab dengan kaum difabel. “Dan menjadikan mereka bisa standar minimal dalam pembangunan,” papar Sarjito yang menambahkan selama ini kaum difabel masih menjadi kelas ke dua yang sulit mengakses layanan publik. (Affan Safani Adham)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!