24.6 C
Jakarta

Penerapan E-Commerce pada Industri Kecil di Dusun Saragan Mertoyudan, Kiprah PPMT UMMagelang

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM — Perkembangan penggunaanteknologi informatika untuk pemasaran dan penjualan berkembang dengan pesat, adanya internet menjadikan proses pemasaran dan penjualan dapat dengan mudah dilakukan kapanpun tanpa terikat ruang dan waktu. Penerapan internet dalam bisnis dan perdagangan atau yang lebih dikenal  electroniccommerce (e-commerce), di sisi lain Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia masih sangat memerlukan peran dari e-commerce dalam pengembangan usahanya.

Kesenjangan inilah yang coba di jawab oleh kiprah Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) yang terus berjalan tiada henti, salah satunya adalah pendampingan industri kecil di Khambali Fiberglass yang terletak di Dusun Saragan, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Program PPMT yang merupakan evolusi dari kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan secara terintegrasi antara dosen dengan kelompok mahasiswa yang diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh para civitas academica di Universitas Muhammadiyah Magelang, terutama dalam membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Program PPMT ini dimulai sejak bulan Mei dan berakhir pada tanggal 15 Juli 2020.

Kelompok mahasiswa yang beranggotakan: Ilham Buchori, Faizal Dwi Juniarta, Calvin Pasalindo, Herlambang Satria, Dan Rizky Dwi Kurniawan serta diketuai oleh Setiya Nugroho, M.Eng., melaksanakan kegiatan dengan membangun integrasi bersama industri khambali fiberglass guna mengembangkan pemasaran dan penjualan melalui bidang teknologi informasi.

Program ini berfokus pada pembuatan website e-commerce, dan pemasaran produk lewat media sosial. Melalui program ini mahasiswa mengajak serta memberi pelatihan para pegawai di industri khambali fiberglass untuk menggunakan web e-commerce serta membangun personal branding melalui media sosial.

“Dengan adanya website e-commerce ini tentunya akan meningkatkan kualitas industri kami dalam melakukan pemasaran dan memberikan informasi secara luas. Kami sangat terbantu dalam mengelola jenis produk, pemesanan barang, serta kemudahan dalam membuat laporan penjualan secara detail,” ujar Khambali, selaku pemilik industri fiberglass.

Pada akhir pelatihan PPMT, mahasiswa UMMagelang juga memberikan pendampingan kepada pihak khambali fiberglass agar mampu mengelola sendiri website e-commerce yang beralamatkan di http://www.khambalifiberglass.com

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!