25.5 C
Jakarta

Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Tentang MAC II

Baca Juga:

 

NSW, MENARA62.COM – Kegembiraan dan rasa suka cita warga Muhammadiyah di seluruh tanah air dan berbagai penjuru dunia sebagai bentuk dukungan atas rencana pembangunan Sekolah Muhammadiyah Australia di Sydney, terus menggema. Dukungan ini dimanifestasikan dengan cara yang elegan dalam wujud yang sangat nyata, yakni dengan memberikan bantuan dana. Setelah sebelumnya datang dari Sorong Papua, Banjarmasin, Enrekang, Sipirok, Makassar serta daerah lainnya, kali ini datang dari Gresik Jawa Timur.

Dilihat dari biodata yang disampaikan, donatur kali ini merupakan seorang pelajar yang masih berusia belia, umurnya baru 14 (empat belas tahun) dengan inisial “YF”. Beliau adalah siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik yang beralamat di Jalan . Jawa No. 60 Yosowilangun Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sumbangannya untuk pembangunan Muhammadiyah Australia College II Sydney ini, sudah ditransfer ke rekening atas nama Lazismu Muhammadiyah.

Perlu diketahui bahwa SMP Muhammadiyah 12 GBK Gresik ini adalah satu amal usaha Muhammadiyah yang cukup berprestasi. Dengan mengusung visi menjadi sekolah Islam bertaraf internasional yang berkarakter dan berprestasi, sekolah ini pernah dinobatkan sebagai satu di antara sekolah terbaik di Gresik. Sebagai sekolah yang berstandar internasional, mereka telah menggunakan kurikulum Cambridge kerjasama dengan Universitas Negeri Malang. Di samping itu telah melakukan kunjungan ke luar negeri secara terjadwal serta mendatangkan pemateri dari luar negeri.

Berdasarkan data yang masuk ke panitia pembangunan, hingga kini ananda “YF”, merupakan siswa perguruan Muhammadiyah pertama yang melaporkan bantuan dananya untuk pembangunan sekolah dimaksud. Melihat dari usianya yang masih muda sudah gemar berinfaq, meskipun jumlah sumbangannya tidak seberapa, tetapi menunjukkan tingkat karakter keislaman dan kemuhammadiyahannya sudah tumbuh dan mulai terasa. Tentunya hal ini boleh dikatakan sebagai buah pelajaran yang diperoleh dari guru-gurunya di sekolah sehingga dapat menjadi contoh teladan bagi siswa perguruan Muhammadiyah lainnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Dahlan Rais secara resmi telah mencanangkan dimulainya proses atau upaya pembangunan amal usaha Muhammadiyah ini. Pencanangan dilakukan di Leppington NSW hari Ahad, 7 Agustus 2022, dalam acara silaturahim dan pengajian warga Muhammadiyah New South Wales. Selain warga Muhammadiyah dan Indonesia, hadir pula Pimpinan Pusat Muhammadiyah lainnya, yakni Dadang Kahmad, Agung Danarto, dan Marpuji Ali.

Dalam kesempatan tersebut, Dahlan Rais yang juga Ketua Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Surakarta ini, mengatakan bahwa niat warga Muhammadiyah New South Wales untuk mendirikan sekolah Muhammadiyah memiliki potensi yang kuat. Beliau mengharapkan agar pembangunan sekolah ini dapat segera diwujudkan dengan menimba pengalaman dari pendirian sekolah Muhammadiyah di Melbourne yang telah beroperasi awal tahun ini.

Ketua Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia, Haidir Fitra Siagian mengungkapkan, pembangunan sekolah ini adalah bagian dari ikhtiar mendukung internasionasionalisasi Muhammadiyah. Dikatakan bahwa membangun sekolah berarti pula membangun peradaban Islam di dunia barat, guna menyebarluaskan pengaruh paham keagamaan Muhammadiyah ke berbagai belahan dunia.

Dalam bagian lain, mantan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Remaja Muhammadiyah Sulawesi Selatan ini, mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya sudah melalukan beberapa usaha untuk mewujudkan pendirian sekolah dimaksud. Terutama adalah melakukan penggalangan dana yang bekerjasama dengan Lazismuh Pusat. Penggalangan dana ini disebarkan ke seluruh penjuru tanah air dan perwakilan Muhammadiyah di luar negeri.

Bagi warga Muhammadiyah maupun umat Islam yang ingin berdonasi, pihaknya telah menyediakan rekening dapat disalurkan melalui dua rekening. Rekening pertama atas nama PRIM NSW yaitu BSB : 083-168 – Acc. : 70-602-8590 (NAB). Ini diperuntukkan bagi donatur dari dalam Australia dan luar negeri. Sedangkan untuk donasi dari dalam negeri dapat melalui nomor rekening khusus yakni : BSI : 1050153823 atas nama Lazis Muhammadiyah.

Rekening yang dibuat oleh Lazismuh tersebut adalah rekening khusus untuk penggalangan dana bagi Sekolah Muhammadiyah Australia Sydney, tidak dipakai untuk penampungan donasi lain. Sehingga tidak perlu menggunakan kode atau angka cantik di belakang nominal sumbangan yang ditransfer. Diharapkan pula kepada para donatur agar teleti dan cermat dalam menyalurkan sumbangan, jangan sampai ada penipuan atau penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

( PRIM NSW Australia)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!