33.4 C
Jakarta

Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana Unismuh Berhasil Konversi Akreditasi A Menjadi Unggul

Baca Juga:

MENARA62.COM, MAKASSAR – Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih prestasi membanggakan dengan berhasil mengantongi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keputusan itu tertuang dalam SK No 4279/SK/BAN-PT/AK. KP/MN/2024. Prodi tersebut sebelumnya sudah terakreditasi A. Predikat unggul diperoleh melalui mekanisme Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Informasi tersebut disampaikan Wakil Rektor II Unismuh Prof. Andi Sukri Syamsuri, dengan mengunggah tangkapan layar laman BAN PT, di Grup What’s App Unismuh Makassar, Selasa, 21 Mei 2024.

“Alhamdulillah, selamat Prodi Magister Administrasi Publik Unismuh raih akreditasi Unggul,” ungkap Prof. Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh Makassar itu.

Proses Pencapaian

Saat dikonfirmasi, Ketua Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Unismuh, Dr. Fatmawati A. Mappasere, berbagi tentang proses panjang yang mereka lalui dengan ISK Peringkat Akreditasi.

“ISK diimplementasikan berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020. Dasar inilah yang mendorong kami untuk melakukan konversi dari akreditasi A menjadi Unggul,” kata Fatmawati.

ISK, lanjutnya, merupakan instrumen tambahan yang digunakan untuk konversi peringkat akreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria.

Terdapat empat instrumen kunci dalam ISK, yaitu instrumen dosen, instrumen kurikulum, instrumen penjaminan mutu internal, dan instrumen sistem pelacakan lulusan, jelas Fatmawati.

“Sekarang, Alhamdulillah, upaya kami telah membuahkan hasil sesuai harapan, yaitu Akreditasi Unggul. Tidak semua prodi yang melakukan pengusulan ISK dapat meraih pencapaian serupa,” ungkapnya.

Faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan penuh dari semua stakeholder, baik di tingkat universitas maupun fakultas, serta dukungan dari tenaga teknis profesional. Namun, perjalanan ini tidak lepas dari kendala.

Selain itu, banyak pihak yang berperan aktif dalam pencapaian ini, termasuk tim penginputan data, pimpinan prodi, Badan Penjaminan Mutu di tingkat universitas, pascasarjana, dan seluruh dosen.

Terakhir, Fatmawati berharap prestasi ini dapat memotivasi calon mahasiswa baru. “Kami tetap optimis untuk memajukan prodi dengan mempertahankan Akreditasi Unggul,” pungkasnya.

Dengan predikat Unggul yang diraih Prodi Magister Administrasi Publik, saat ini Unismuh memiliki 15 Prodi yang telah terakreditasi Unggul, dan 7 Terakreditasi A. Prodi lainnya terakreditasi Baik Sekali dan B.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!