28.8 C
Jakarta

Prof Bahtiar dan Prof Komarudin Promosikan Universitas Islam Internasional Indonesia di Yordania

Baca Juga:

AMMAN, YORDANIA, MENARA62.COM — Prof Bahtiar Effendy dan Prof Komarudin Hidayat mempromosikan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Yordania. Rabu, 18 Januari 2017, mereka berkunjung ke International Institute of Islamic Thought (IIIT) di Amman. Mereka disertai Andi Ahmad Dara, anggota DPR RI; Adam Suyadi, staf Wakil Presiden; diantar staf Keduataan Republik Indonesia untuk Yordania.

Pada kesempatan itu, mereka ditemui sejumlah pimpinan IIIT, termasuk direkturnya, Dr Fathi H. Malkawi, seorang ahli epistimologi Islam yang produktif. Prof Bahtiar dan Prof Komarudin menyosialisasikan rencana pendirian UIII yang disetujui Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Rencananya, UIII dibangun di Depok, Jawa Barat.

Selain orang Indonesia, universitas ini akan merekrut mahasiswa pascasarjana serta dosen dari luar negeri.

“Jika segala sesuatunya berjalan lancar, termasuk merekrut mahasiswa dan dosen, insya Allah, UIII akan dimulai pada akhir tahun 2017,” ujar Bahtiar.

Lebih lanjut Prof Bahtiar mengungkapkan, universitas ini dimaksudkan untuk mengembangkan peradaban Islam melalui pendidikan tinggi (universitas) di tingkat master dan doktor. Melalui UIII, diharapkan Islam moderat dan toleran dapat dikembangkan sehingga Islam benar-benar sebagai rahmatan lil alamin.

“Mengingat posisi penting geo-politik Yordania sebagai penyangga keseimbangan dan perdamaian di Timur Tengah, kerjasama untuk mengembangkan UIII dengan berbagai pihak di negeri ini menjadi sangat relevan,” ujarnya.

Pertemuan dengan Dr Malkawi berlangsung hangat, dibarengi sejumlah pembicaraan menarik mengenai Islam, ilmu pengetahuan, dan peradaban moderen. Hasil pertemuan itu bisa menjadi penyemangat untuk membangun UIII demi kemajuan perkembangan peradaban Islam.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!