26.3 C
Jakarta

Publikasi Internasional, UMP Jalin Kerja Sama dengan Jerman

Baca Juga:

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Prodi Magister Pendidikan IPS Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah melalui Edulearn Innovation Research Center (eirc) bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Jerman Raya (PCIM JR) menggelar kegiatan coaching manuscript di jurnal internasional bereputasi. Kegiatan dilaksanakan untuk para dosen Jumat, 13 Agustus 2021 lalu.

Kaprodi Magister IPS, Dr. Sriyanto, dalam pengantarnya mengatakan, kegiatan ini sebagai bukti kerjasama antara UMP dengan PCIM Jerman Raya, yang sebelumnya sudah mengadakan guest lecturer menghadirkan Prof. Dr. Arndt Graft, dan learning experience awal 2020 lalu.

“Ke depan kerjasama akan terus ditingkatkan dalam penelitian, kolaborasi publikasi, maupun bidang akademik lainnya,” jelas Sriyanto di Purwokerto Senin (16/8/2021).

Dijelaskan Rektor UMP, Dr. Jebul Suroso, berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai peserta, untuk memberikan teladan bagi dosen UMP dalam publikasi.

“Sebagai peserta coaching manuscript. Beliau mengemukakan, bahwa dosen memiliki empat tanggung jawab yakni mengajar, meneliti, mengabdi, mengamalkan persyarikatan, untuk di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Terutama dalam publikasi semua dosen memiliki kewajiban, tidak terkecuali dosen yang menjabat structural,” katanya.

Coaching manuscript menghadirkan pembicara Imam Fitri Rahmadi, dosen Universitas Pamulang, mahasiswa Ph.D., Johanes Kepler Universitàt Linz Austria, yang juga sebagai pengurus PCIM Jerman Raya.

Sementara itu, dalam pengantarnya, Ketua PCIM Jerman Raya, Muhammad Rokib, S.S., M.A., menyampaikan bahwa proses publikasi di jurnal memerlukan kesabaran menghadapi editor dan reviewer. Beliau juga menyampaikan menyambut baik dan mendukung seluruhnya program kerjasama UMP dengan PCIM Jerman Raya.

“Coaching manuscript selain diikuti oleh dosen-dosen UMP, peserta juga berasal dari UNS, Undip, UNNES, UM Surabaya, UM Metro, juga mahasiswa dan mahasiswa baru Magister Pendidikan IPS,” jelasnya.

Salah satu peserta, Suwartono Magister Pendidikan Bahasa Inggris UMP mengapresiasi bahwa kegiatan terorganisir dengan baik dan ke depan kegiatan bisa bersifat praktis menampilkan paper sebagai sampel hasil review untuk bahan diskusi.

“Target coaching manuscript adalah peserta yang sudah mengirimkan papernya dapat submit di jurnal internasional bereputasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi dosen dan memberikan kontribusi positif terhadap institusi,” pungkasnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!