25.7 C
Jakarta

Pusat Data Nasional Cikarang Ditargetkan Selesai Agustus 2024

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Pusat Data Nasional Cikarang Ditargetkan Selesai Agustus 2024. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) Cikarang selesai Agustus 2024. Target pengerjaan PDN tersebut dipercepat dari sebelumnya Oktober 2024.

“Kami mendapat arahan untuk mempercepat pembangunan PDN di Cikarang ini. Rencananya akan diresmikan pak Presiden Jokowi pada Agustus 2024,” kata Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika Kemkominfo Aris Kurniawan ditemui di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (6/2/2024), seperti dilansir situs RRI.CO.ID.

Aris mengatakan, saat ini perkembangan pembangunan PDN Cikarang telah mencapai 31,74 persen. Namun untuk rancangan bangunan telah menyentuh angka 73,53 persen.

“Jadi prosesnya pararel antara mendesain kemudian kita membangun instalasinya, kemudian suplai barang-barangnya, kemudian dalam waktu yang pararel. Jadi kalau desainnya saja kita sudah di angka 75 persen, hampir selesai,” ujarnya.

Biaya

Adapun PDN Cikarang memiliki luas bangunan hampir 16 ribu meter persegi yang berdiri di luas lahan 5 hektar. Pembangunannya menelan biaya sebesar 164 juta Euro dengan sebagian besar pembiayaan berasal dari Pemerintah Prancis.

Selain di Cikarang, Pemerintah menyiapkan dua Pusat Data Nasional lainnya. Antara lain PDN Batam dan PDN IKN Nusantara.

Pembangunan PDN menjadi upaya efisiensi pengelolaan data center pemerintah yang saat ini tersebar di 2.700 pusat data. Hal ini terjadi karena setiap lembaga pemerintah telah menyiapkan fasilitas data centernya sendiri, sehingga terjadi pemborosan anggaran.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!