32.4 C
Jakarta

PWNA Aceh Gelar Aksi Keluarga Peduli Lingkungan, Merawat Damai Menggelorakan Semesta

Baca Juga:

BANDA ACEH, MENARA62.COM – Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Aceh mengadakan aksi Keluarga Peduli Lingkungan dalam rangka memperingati milad Nasyiatul Aisyiyah yang ke-94 pada Ahad (7/8/2022) betempat di Pantai Ulee Lheue, Banda Aceh.

Tema kegiatan ini diangkat sesuai dengan tema besar milad NA kali ini, yaitu Merawat Damai Menggelorakan Semesta.

Nasyiatul Aisyiyah Aceh sebagai salah satu gerakan perempuan muda di Aceh yang memiliki andil besar dalam perubahan menuju kebaikan sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT, sesuai dengan nilai-nilai yang dianut Al Biruu Manittaqo, akan berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan sebagai salah satu wujud penerapan mengelola alam semesta.

Kegiatan ini dimotori Departemen Pendidikan PWNA Aceh. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran keluarga NA khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang pentingnya menjaga lingkungan, menjadi agen perubahan dalam pengelolan lingkungan, serta menumbuhkan sifat empati terhadap sesama makhluk hidup.

Peserta aksi adalah keluarga besar Nasyiatul Aisyiyah Aceh, serta  perwakilan ortom lain, yaitu Pemuda Muhammadiyah, IMM, dan IPM yang berjumlah 20 orang.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua PWNA Aceh Yurni Hardianti, yang menyampaikan bahwa kegiatan kali ini berupa aksi atau gerakan bukan seminar di dalam ruangan karena dengan langsung melakukan aksi, tujuan untuk mensosialisasikan dan edukasi lingkungan kepada masyarakat dapat langsung terlaksana dan manfaatnya juga langsung terlihat didepan mata, agenda ini sekaligus silaturahmi dengan keluarga besar ortom di bawah Muhammadiyah. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan sharing session tentang masalah dan identifikasi sampah yang disampaikan oleh Alit Ferdian selaku Livelyhood & comdev supervisor dari Wildlife Conservation Society (WCS).

Setelah pemaparan tentang sampah, dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih sepanjang pantai Ulee Lheue, pertimbangan dilakukannya aksi pembersihan pantai adalah karena selama ini banyaknya masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan pantai dan laut, padahal pantai dan laut adalah salah satu ciptaan Allah yang manfaatnya banyak dirasakan oleh manusia. Dalam aksi ini, tiap keluarga NA dan ortom lain mengambil sampah dan langsung memilahkan menjadi sampah plastik dan botol yang disaksikan langsung oleh masyarakat dan pengunjung sekitar pantai tersebut. Pada aksi kali ini, PWNA Aceh berhasil mengumpulkan 12,5 kg sampah.

Besar harapan aksi ini dapat membangkitkan semangat keluarga besar NA dan ortom lain untuk peduli lingkungan sehingga dapat menjalankan dengan baik perannya sebegai khalifah yang mengelola alam semesta, dan menjadi agen penyebar kebaikan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!