26.1 C
Jakarta

Ramah Tamah Alumni FEB Unismuh Makassar, Wakil Rektor I: Gelar Sarjana Bukan Hadiah

Baca Juga:

MAKASSAR, MENARA62.COM, – Dalam rangka wisuda diploma dan sarjana ke-79 Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menggelar acara ramah tamah yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr Abd Rakhim Nanda, berlangsung di Hotel Horison pada Senin malam, 19 Juni 2023.

Di hadapan 249 alumni yang berasal dari 5 Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rakhim Nanda menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan mereka dalam meraih gelar sarjana yang selama ini menjadi impian mereka.

Namun, Rakhim Nanda juga menyampaikan permohonan maaf atas kemungkinan adanya ketidaksesuaian harapan selama masa pendidikan di Unismuh. Ia mengucapkan terima kasih kepada orang tua alumni yang telah mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di Unismuh hingga menyelesaikan studi.

Lebih lanjut, Rakhim Nanda menegaskan bahwa gelar sarjana yang diraih oleh para alumni bukanlah hadiah yang diberikan secara cuma-cuma, melainkan merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi yang tak terhitung.

WR 1 Unismuh ini menyampaikan bahwa terdapat mungkin ada kesalahpahaman di masyarakat selama ini bahwa gelar sarjana hanya merupakan “hadiah” setelah menyelesaikan studi. Namun, menurutnya, gelar sarjana sebenarnya adalah sebuah prestasi yang harus diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan yang tak ternilai.

Rakhim Nanda juga menekankan pentingnya memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan, dedikasi dalam belajar, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan akademik sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana.

Selain itu, ia juga menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai etika dan integritas dalam perjalanan akademik. Meraih gelar sarjana bukanlah semata-mata tentang mengumpulkan kredit atau menyelesaikan kurikulum, tetapi juga tentang mengembangkan kemampuan kritis, pemecahan masalah, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan dalam dunia kerja.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan FEB, Dr Andi Jam’an, memberikan nasihat kepada para alumni bahwa pencapaian saat ini hanya merupakan langkah awal dalam proses belajar sepanjang hidup. Ia mengingatkan agar para alumni tidak berhenti belajar setelah wisuda, karena pendidikan bisa diperoleh di mana saja.

Andi Jam’an juga menekankan bahwa sebagai alumni perguruan tinggi Muhammadiyah, mereka diharapkan menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat, serta tetap menjalin silaturahim dan menjaga komunikasi dengan fakultas. Ia juga menegaskan pentingnya menjadikan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan sebagai amalan dalam kehidupan sehari-hari.

Andi Jam’an mengingatkan bahwa status sebagai alumni sebuah perguruan tinggi Muhammadiyah membawa tanggung jawab untuk selalu menjadi contoh yang baik di masyarakat.

Acara ramah tamah ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Universitas dan Fakultas, termasuk Prof. Dr. Budu, Anggota BPH Unismuh, yang juga menjadi pembawa pengajian dalam acara tersebut.

Turut hadir pula para wakil dekan, ketua-ketua program studi, Ketua Umum IKA Pusat, Drs. H. Kamaruddin Moha, Ketua IKA Fakultas, Dr. Jamaluddin Majid, dosen, staf, ketua lembaga kemahasiswaan, wisudawan, dan orang tua wisudawan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!