25.5 C
Jakarta

Rektor UMY Resmikan Masjid Jami’  Syeikha Latifa Al Qabba SMK Muhammadiyah Minggir

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Gunawan Budiyanto meresmikan masjid Jami’ Syeikha Latifa Al Qabba di SMK Muhammadiyah Minggir, Sleman, Yogyakarta pada Ahad (2/10/2022). Peresmian masjid yang dibangun atas bantuan dari donatur Timur Tengah, UMY dan jamaah sekitarnya tersebut dilakukan bersamaan dengan pengajian.

Masjid ini dibangun di atas tanah wakaf Muhammadiyah di komplek SMK Muhammadiyah Minggir  dengan menghabiskan sekitar biaya Rp386 juta. “Kami berharap dengan adanya masjid ini bisa menjadi pusat untuk kemajuan sekolah dan umat disekitarnya baik dalam ibadah maupun muamalah sebagai wujud dari Islam berkemajuan,” Edy Purwanto S.Pd  kepala Sekolah SMK Muh Minggir.

Sementara dalam kajian Ahad pagi Prof. Gunawan Budiyanto mengatakan bahwa dalam ber-Muhammadiyah harus selalu mengingat dan berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Sunnah sebagai panduan hidup. “3 surat yang menjadi pegangan warga Muhammadiyah adalah Q.S Ali Imron 104, Al Asr dan Al Maun yang merupakan bentuk semangat kepedulian sosial dan mengabdi untuk umat dan bangsa,” jelasnya.

Semangat untuk mengabdi bagi Muhammadiyah lanjutnya, cukup besar. Oleh karena itu warga Muhammadiyah perlu paham betul semangat Muhammadiyah dalam mengabdi untuk bangsa seperti halnya konsep yang tertera dalam tema tanwir Muhammadiyah tahun 2019 yaitu Ta’awun untuk Negeri.

 

“Bersama- sama untuk selalu memerangi kemungkaran dan jangan sampai merugi menjadi orang Islam, terlebih lagi Muhammadiyah dengan spirit Al Ma’un nya seperti halnya selalu menyantuni anak yatim, fakir miskin dan untuk kemajuan bangsa dan agama yang salah satunya diwujudkan dengan  membangun masjid ini. Muhammadiyah digariskan untuk membangun bangsa dan tidak berharap untuk mendapatkan apapun dari negara, tapi kalau diberi amanah oleh negara akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tandas Gunawan.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penandatangan prasasti yang juga dihadiri dan disaksikan oleh segenap pengurus PCM Minggir  H. Nasirun, PRM Sendangrejo H. M. Zainuri, Panewu Minggir Rasyid Ratnadi Sosiawan, M.Si, Kapolsek, Danramil dan Forkompimcam.

SMK Muhammadiyah Minggir sendiri merupakan  salah satu sekolah dibawah Dikdasmen Muhammadiyah Cabang Minggir yang terletak di Dusun Sidorejo, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Meski sekolah ini terletak di daerah pedesaan yang jauh dari kebisingan dengan suasana yang tenang dan asri dekat persawahan dan selokan Mataram membawa dampak baik bagi suasana tenang yang mendukung untuk pembelajaran.

SMK Muhammadiyah Minggir adalah satu-satunya SMK yang ada di kecamatan Minggir dengan Visi terwujudnya lembaga pendidikan yang Agamis, Kompeten,  Unggul dan berbudaya. Diharapkan lulusan SMK Muhammadiyah Minggir memiliki sikap beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, disiplin, santun ,jujur peduli, percaya diri dan bertanggung jawab.

SMK Muhammadiyah Minggir mempunyai dua keahlian teknik listrik dan farmasi dengan membuka kelas reguler dan kelas asrama berbagai kegiatan.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!