32.1 C
Jakarta

Respon Masalah Kesehatan Mental, Tim PKM-RSH UMS Manfaatkan Mental Quotes Book

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lolos seleksi pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Delapan Bidang tahun 2024. Salah satu penelitian yang menarik perhatian adalah “Mental Quotes Book: Analisis Pengaruh Buku Quotes ‘Tentang Semua yang Ada di Bumi’ Terhadap Ketahanan Mental Mahasiswa di Surakarta.” Penelitian inovatif ini, bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam bidang sosial dan humaniora.

Ketua Tim, Siti Alda Ibrahim mengungkapkan penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat stres dan kecemasan di kalangan mahasiswa. Tekanan akademik, tuntutan sosial, dan berbagai tantangan pribadi seringkali berdampak negatif pada kesehatan mental mereka, banyak berita yang menayangkan tentang banyaknya mahasiswa yang melakukan bunuh diri karena masalah mental, dilansir dari jatim.com.

“Buku ‘Tentang Semua yang Ada di Bumi’, yang merupakan kumpulan kutipan inspiratif, dipilih sebagai subjek penelitian karena diyakini dapat memberikan motivasi dan memperkuat ketahanan mental pembacanya. Dalam penelitian ini, tim PKM menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan reader-response,” paparnya saat diwawancarai Rabu (15/5/2024).

Alda menyampaikan mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Surakarta berpartisipasi sebagai responden. Para responden diminta membaca buku “Tentang Semua yang Ada di Bumi”. Sebelum dan sesudah periode membaca, mereka diminta untuk mengisi kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur tingkat ketahanan mental mereka.

Program ini dilaksanakan dalam jangka waktu 4 bulan, yang akan dimulai dari pertengahan April-Agustus 2024 ini. Selain survei, wawancara mendalam juga dilakukan kepada beberapa responden untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif mengenai pengalaman mereka. Analisis data dalam riset ini dimulai dengan pengumpulan data hasil kuesioner dengan narasumber diteruskan dengan catatan hasil wawancara kemudian direduksi melalui pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari hasil pengumpulan data.

“Sebagai langkah praktis, universitas dapat mempertimbangkan untuk menyediakan lebih banyak buku motivasi di perpustakaan dan menyelenggarakan klub baca yang berfokus pada literatur inspiratif. Selain itu, workshop dan seminar yang mengangkat topik kesehatan mental dan motivasi bisa diadakan secara rutin untuk memberikan dukungan tambahan bagi mahasiswa,” pungkasnya.

Riset ini dipimpin oleh Siti Alda Ibrahim, mahasiswi dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta, bersama dengan tim nya yakni Fionita Valent Nanda Sabili dan Muhammad Raihan Surya Athallah yang sama-sama prodi pendidikan bahasa Inggris dan dua mahasiswa dari Prodi Psikologi yakni Siti Rafifah Qonitah dan Hana Nur Hanifah dengan bimbingan dari Dr. Titis Setyabudi, S.S., M.A. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!