33.9 C
Jakarta

Semangat Al Ma’un ‘Aisyiyah Semakin Bersinar, Menebar Kebaikan di Masa Pandemi

Baca Juga:

Oleh: Penulis: Deny Ana I’tikafia *)

Meneladani semangat Al Ma’un yang diajarkan KH A Dahlan, sudah selayaknya ‘Aisyiyah semakin bangkit bersinar. Terlahir 107 tahun yang lalu pada 27 Rajab 1335 H didirikan bertepatan dengan 19 Mei 1917 oleh Nyai Walidah.

Kamis 11/03/2021 M bertepatan 27 Rajab 1442 H, masih di masa pandemi, ‘Aisyiyah telah banyak melahirkan para ibu ‘Aisyiyah melek IT yang mampu menembus literasi mewujudkan syiar digital perempuan berkemajuan.

KHA Dahlan pernah berpesan kepada pada sahabat dan muridnya, supaya berhati- hati dengan urusan ‘Aisyiyah. ”Jika bisa membimbing, Insya Allah ‘Aisyiyah akan menjadi teman setia dalam perjuangan persyarikatan Muhammadiyah,”ujarnya.

Di masa pandemi yang sudah berusia setahun ini, ‘Aisyiyah ikut berpartisipasi melalui MCCC mewujudkan Keluarga Tangguh Covid (Katavid) menggerakkan ibu ‘Aisyiyah untuk bangkit menghadapi wabah pandemi yang belum tentu berujung sampai kapan.

Kini menghadapi adab kebiasaan baru yang tetap harus mematuhi protokol kesehatan,dengan tema merekat persatuan, menebar kebaikan di masa pandemi, tetap berkarya.

Songsong jelang muktamar mendatang, dengan mempersiapkan berbagai kegiatan, antara lain LLHPB mengadakan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) mengajak Majelis Lingkungan Hidup PWM dengan didukung semua majelis, lembaga dan ortom, bergerak, untuk mengurangi sampah khususnya plastik dan terpilah, bergerak menuju green muktamar.

Untuk  menyebarluaskan ide-ide secara internal maupun eksternal tentang pembaharuan dan usaha peningkatan derajat kaum perempuan, mengapresiasikannya melalui website yang telah di milikinya yaitu Sistem Informasi Aisyiyah (SIA), bergabung dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) setempat, juga mengirimkan berita ke berbagai media online di luar persyarikatan dengan dikandung maksud sebagai syiar.

Saat ini ‘Aisyiyah telah berusia 107, perjalanan gerak organisasi  bukan  merupakan usia yang pendek bagi ke-istiqomahan sebuah organisasi. Semangat pembaharuan yang berpijak pada paham Islam berkemajuan itu akan tetap menjadi suluh bagi ‘Aisyiyah.

*)Ketua Divis Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!