26.7 C
Jakarta

Semarak Milad ke-59, UM Purworejo Gelar Turnamen Tenis Meja Tingkat Nasional

Baca Juga:

 

PURWOREJO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo) mengggelar Turnamen Tenis Meja Tingkat Nasional memperebutkan Piala Rektor untuk tingkat SMA/SMK/MA, Sabtu (07/10/2023).

Sebanyak 52 peserta terdiri dari 35 laki-laki dan 17 perempuan, bersaing dalam turnamen yang digelar dalam rangka Milad ke-59 UMPurworejo ini.

Secara seremonial, turnamen dibuka oleh Rektor UMPurworejo, Dr Teguh Wibowo, M.Pd., disaksikan Ketua KONI Sumaryanto, Kabid Olahraga Dinporapar Kabupaten Purworejo Nanang Agus Gutomo, Ketua Panitia Milad ke-59 Istiko Agus Wicaksono, S.P, M.Sc., Wakil Rektor 2 Muhamad Taufik, MT., Wakil Rektor 4 Dr Tusino, M.Pd., para peserta serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Rektor yang sangat mengapresiasi adanya turnamen tenis meja tingkat nasional ini berpesan, agar para peserta bertanding dengan sportif.  “Kalah menang no 2. Yang penting bisa berpartisipasi dan semangat bertanding, juara itu bonus,” ujar Rektor.

Disampaikan pula, bahwa dari UMPurworejo akan memberikan beasiswa pendidikan bagi peraih juara 1, 2 dan 3 yang akan melanjutkan kuliahnya di UMPurworejo. “Di UMPurworejo juga sudah memiliki klub tenis meja bernama PTM Surya,” ungkap Rektor.

Kabid Olahraga Dinporapar Kabupaten Purworejo Nanang Agus Gutomo mengapresiasi penuh kegiatan ini, karena dari UMPurworejo senantiasa selalu bersinergi dengan Dinporapar, KONI dan cabor tenis meja. “Sering latihan juga percuma kalau tidak ada perlombaan. Banyak ajang untuk mengasah kemampuan, seperti di POPDA, Porkab, Kejurkab. Dan event ini diadakan salah satu tujuannya untuk itu,” kata Nanang.

Ketua KONI Sumaryanto juga berpesan kepada para peserta untuk bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas. Karena dalam turnamen ini bertanding untuk meraih prestasi dalam kebersamaan dan kekeluargaan untuk masa depan atlet Purworejo. “Purworejo mencetak banyak atlet, tapi pada akhirnya beberapa pindah ke daerah lain. Berikanlah sesuatu yang berarti untuk Purworejo, baru meningkatkan prestasi dengan menjadi atlet profesional,” pesan Sumaryanto kepada para peserta.

Terpisah, Diki Anwar Sani, S.Pd., selaku panitia pelaksana turnamen menyebut, dalam kegiatan ini para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan. “Pertandingan menggunakan sistim setengah kompetisi memakai pool, dengan total pertandingan 186. Setiap pool diambil juara 1 dan runner up. Pertandingan sehari selesai dengan menggunakan 6 meja pertandingan dan satu meja untuk pemanasan,” terang Diki, sambil menambahkan bahwa tujuan dari turnamen ini untuk mencari bibit-bibit atlet secara nasional dari siswa setingkat SMA/SMK/MA. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!