27.3 C
Jakarta

Siswa kelas X SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Karya Hasil Pengamatan

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Siswa kelas X SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat melakukan gelar hasil karya pengamatan di lapangan, Kamis (29/9/2022) . Acara ini digelar di halaman sekolah. Gelar hasil karya ini merupakan rangkaian proyek penguatan profil pelajar Pancasila tema Bhineka Tunggal Ika. Di mana, kegiatan pameran dan presentasi ini menjadi media sosialisasi hasil dan kegiatan kepada warga sekolah.

Seperti yang terlihat dalam presentasi salah satu kelompok, Muhammad Michael menguraikan kegiatan-kegiatan pengamatan kelompoknya di Pasar Gede Surakarta. Pengamatan ke-bhinekaan yang ditemukan antara lain dalam hal politik, agama, etnik, dan bahasa. Kelompok ini mengamati dan mempelajari keragaman yang terjadi untuk diambil kesimpulan bahwa keragaman itu sebuah keniscahyaan dan fakta, sehingga perilaku saling menghormati perlu di junjung tinggi.

Sementara itu, kelompok lain mengamati lingkungan di  sekitar Keraton Surakarta. Hal yang dapat diamati dari tempat bersejarah ini adalah nilai-nilai luhur budaya bangsa yang perlu dilestarikan serta keragaman aktivitas dan alat-alat transportasi dari masyarakat. Guru koordinator kegiatan gelar karya, Eko Arianto mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mendorong kreatifitas dan rasa memiliki budaya-budaya bangsa yang beragam pada diri siswa. “Sehingga, generasi penerus bangsa bisa menghayati dan menghargai keberagaman untuk menciptakan keharmonisan hidup dalam masyarakat,”ujarnya. (*)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!