32 C
Jakarta

Siswa SD Muhammadiyah PK Belajar Kearifan Lokal Dari Desa

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Sejumlah 60 siswa Kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip di desa wisata Pentingsari Sleman Yogyakarta, Senin (13/3/2017). Field trip diisi dengan berbagai kegiatan antara lain outbond, susur sungai, voli lumpur, bermain gamelan dan membuat hiasan janur.

Dipilihnya desa wisata Pentingsari karena sesuai dengan materi dan tema yang diusung ,yaitu”Belajar Kearifan Lokal dari Desa”. Para siswa diajak untuk menikmati indahnya alam pedesaan sekaligus belajar tentang nilai-nilai persaudaraan, kerja keras dan kesenian dari warga desa.

Atit Nur Ariyanna, guru kelas III mengungkapkan bahwa tujuan field trip kali ini adalah untuk mengenalkan nilai-nilai kearifan, sehingga para siswa memiliki filter yang kuat saat menghadapi perkembangan zaman yang sangat cepat.

“Kami berharap bahwa para siswa bisa menyerap nilai-nilai luhur masyarakat desa sehingga mereka tidak gagap menghadapi perkembangan zaman,”ungkapnya.

Salah satu siswa kelas III, Raden Rara Kuntara merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Aku senang sekali karena bisa belajar banyak hal di desa ini. Tadi sangat berkesan saat diajari membuat keris dari bahan janur,”katanya.

Kegiatan field trip merupakan agenda yang dilakukan setiap semester sekali oleh sekolah. Untuk tempat tujuan kegiatan akan menyesuaikan dengan tema yang sedang dipelajari di tiap kelas. Selain sebagai sarana refreshing, kegiatan ini sekaligus sebagai sarana belajar di luar kelas sehingga para siswa mengalami langsung materi pembelajaran dari guru yang mereka terima di dalam kelas, tambah Muhammad Arifin humas SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!