24.8 C
Jakarta

Siswa SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Membuat Masker Wajah Dari Kulit Jeruk dan Garam

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Sabtu (18/3/2017) pagi, suasana di laboratorium IPA SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta sedikit berbeda. Anak-anak sudah menyiapkan beberapa bahan seperti kunyit, kulit jeruk, minyak kepala, garam halus, larutan kopi dan madu. Ternyata mereka tidak hendak memasak, tetapi sedang bereksperimen membuat scrub (masker wajah) dari bahan-bahan tersebut.

Anak-anak yang tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) ini, terlebih dahulu menyiapkan alat-alat untuk eksperimen tersebut, diantaranya gelas beker, pengaduk dan sendok liliput. Setelah semua alat dan bahan siap, mereka melakukan eksperimen.

Adapun scrub yang mereka buat ada 2 jenis, pertama scrub kulit jeruk, yang kedua scrub garam. Kedua jenis ini bekerja saling melengkapi dalam perawatan kulit.

Proses pembuatan scrub kulit jeruk sebagai berikut: menyiapkan dan meghaluskan bahan, mencanpurkan semua bahan dengan takaran kunyit 3 sendok, kulit jeruk 2 sendok, dan minyak kelapa 1 sendok. Setelah itu, gunakan dengan cara mengoles melingkar.

Kemudian, proses pembuatan scrub garam sebagai berikut: pertama, menyiapkan semua bahan; kedua, mencampurkan 8 sendok garam halus dengan 1 sendok larutan kopi; ketiga, menambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok minyak kelapa; keempat, campurkan hingga tidak ada gumpalan sedikitpun; kelima, menggunakan scrub minimal 2 kali dalam seminggu; keenam, gunakan dengan cara mengoles melingkar; terakhir hati-hati, garam halus sedikit kasar saat terkena kulit.

Adapun kegunaan scrub garam diantaranya; (1) garam berguna mengangkat sel kulit mati, (2) kopi berguna mengatasi wajah berminyak, menghilangkan komedo, (3) minyak kelapa berguna melembabkan kulit, mengatasi jerawat, (4) madu berguna memutihkan wajah, mengecilkan pori-pori wajah.

Sedangkan kegunaan dari scrub kulit jeruk yaitu; (1) kunyit mengatasi kulit berminyak, (2) kulit jeruk mencerahkan wajah, (3) minyak kelapa melembabkan kulit, menghaluskan kulit.

Fajri, pelatih ekstra kulikuler KIR mengungkapkan,”kegiatan ini memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti kunyit, garam, kopi dan madu. Dengan membuat produk ini, mereka tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli scrub (masker wajah), karena mereka bisa membuat sendiri. Di samping itu produk ini memiliki banyak manfaat, diantaranya membersihkan dan menghaluskan kulit.

Alya, salah satu peserta KIR menuturkan,”senang bisa berkreasi membuat scrub alami. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk membuat produk yang sangat kreatif”.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!