26.4 C
Jakarta

Siswa SMA Muhammadiyah PK Mencoba kelas Manajemen UNS

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM — Siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Mencoba kelas Manajemen Universitas Negeri Surakarta (UNS). Selama di UNS, sejumlah 12 siswa SMA Muhammadiyah PK mengikuti berbagai kegiatan akademik yang sudah di agendakan.

Salah satu agenda siswa yaitu, mereka diajak berpartisipasi dalam perkuliahan di fakultas manajemen selama sepekan yang berlangsung dari 12-16 Maret. Kegiatan ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh siswa SMA Muhammadiyah PK untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasannya.

Selain mengikuti perkuliahan, mereka juga terlibat dalam kegiatan akademik lain, seperti seminar nasional, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus.

Kegiatan ini dirancang bagi siswa kelas XI, dalam rangka mempersiapkan siswa memasuki bangku perkuliahan. Siami Kostimawati, guru pembimbing mengatakan, program sit in university ini merupakan program lanjutan dari acara jagongan kampus yang dilaksanakan sebulan sekali. Jagongan kampus sendiri merupakan kegiatan sekolah yang menghadirkan mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan sesuai dengan minat siswa.

“Kalau di jagongan kampus, siswa hanya mendapat gambaran tentang perkuliahan melalui cerita dari mahasiswa, nah, kalau di sit in university ini, mereka akan benar-benar merasakan bagaimana perkuliahan itu berlangsung,” tuturnya.

Berdasarkan hasil pemetaan peminatan jurusan perkuliahan, diperoleh beberapa jurusan yang diminati. Salah satu jurusan dengan peminat tertinggi adalah manajemen. Pihak sekolah memberikan peluang bagi siswa untuk memilih jurusan manajemen dengan membuka kerjasama bersama Universitas Sebelas Maret di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ketua Program Studi Manajemen FEB UNS, Reza Rahardian, SE MSi menyambut hangat dan antusias sit in university ini.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di jurusan Manajemen FEB UNS. Saya bangga dan senang, bisa menjalin kerjasama dengan SMA Muh PK dalam program ini. Semoga dengan program ini dapat membantu siswa dalam menentukan jurusan yang akan mereka pilih ketika memasuki bangku perkuliahan,” ungkap Reza Rahadian.

Salah satu siswa, Vanya Vashti Rahayuningtyas yang mengikuti program ini merasa senang bisa mengikuti perkuliahan di jurusan manajemen. “Saya merasa senang dan beruntung sekali bisa mengikuti program sit in university ini, kesempatan yang tidak bisa didapatkan di sekolah lain. Banyak sekali pengalaman yang saya dapat dan tentunya banyak ilmu yang bisa saya pelajari yang bisa menjadi bekal awal untuk kuliah nanti,” ujarnya.

Program sit in university ini juga bekerjasama dengan  fakultas lain diantaranya, fakultas kedokteran, farmasi, FSRD, FISIP, FMIPA, PSIKOLOGI, POK, Arsitektur.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!