26 C
Jakarta

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Adakan PK JOSS

Baca Juga:

KOTTABARAT, SURAKARTA, MENARA62.COM–SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyelenggarakan kegiatan PK JOSS (Journey of Science and Social) di kota Malang Jawa Timur, Jumat (24/2/2017). Kegiatan yang diikuti oleh 43 siswa dan 9 guru bertujuan untuk mengenalkan siswa pada pengalaman sains dan sosial.

Di dalam kegiatan ini, siswa diajak mengunjungi tiga tempat yang ada di kota Malang. Pertama, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kedua Jatim Park I, dan ketiga Batu Night Spectacular. Kegiatan PK JOSS ini megangkat tema adventures for excellence. Dengan harapan, para siswa betul-betul mendapatkan pengalaman dan pengetahuan sehingga mereka bisa menjadi siswa-siswi yang cerdas, pintar dan berdaya saing nasional maupun internasional.

Kepala SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Hendro Susilo menuturkan,”kegiatan ini merupakan perjalanan untuk membuka wawasan tentang peningkatan kapasitas diri siswa dan mereka belajar bagaimana cara membina sebuah hubungan kerjasama yang produktif dengan lembaga atau orang lain untuk mencapai kebaikan bersama”.

Pada destinasi pertama, yaitu UMM, para siswa mendapatkan banyak informasi dari Kepala Humas UMM, Rina Wahyu Setyaningrum,S.Pd, M.Ed. Rina mengatakan, tentang pentingnya menghargai perbedaan. Mengingat di UMM sendiri banyak sekali perbedaan, seperti perbedaan etnis, perbedaan suku dan perbedaan bangsa. Dari sinilah siswa diharapkan mampu bersikap toleran dan tidak eksklusif. Kemudian, siswa juga mendapatkan pengalaman sosial, yaitu penjelasan tentang kegiatan UMM yang menjalin kerjasama dengan berbagai negara di dunia. Termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen dari UMM ke luar negeri yang tentu memantik semangat siswa siswi SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta untuk memahami lebih lanjut dan pada akhirnya bisa tergerak untuk belajar di luar negeri.

Maulana Muhammadi Isa, Ketua IPM SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menambahkan,”Menurut saya, diskusi seperti ini menjadikan diri kita lebih tahu tentang gambaran persaingan di bangku perkuliahan, baik dengan mahasiswa asing maupun lokal”.

Destinasi kedua yaitu Jatim Park I. Di lokasi ini siswa mendapatkan banyak informasi tentang sains dan sosial. Di sana siswa bisa melihat beragam replika kehidupan orang-orang zaman dahulu serta berbagai macam teknologi sains. “Dengan adanya kegiatan Journey of Science and Social, siswa diharapkan mampu mengenal lebih dekat tentang manfaat praktis dari rumus-rumus atau teori-teori yang telah mereka pelajari di sekolah”, ujar Listyo Buana Putra, salah satu guru pendamping dalam kegiatan tersebut.

Destinasi terakhir yaitu Batu Night Spectacular (BNS). Di tempat ini siswa diberi kesempatan untuk menyalurkan kekuatan mental dan keberaniannya dengan mengikuti berbagai wahana permainan yang memacu adrenalin diri mereka. Salah satu permainan itu adalah roller coaster, tornado, dan sepeda angin. Manfaat kegiatan di BNS salah satunya yaitu menjadikan siswa lebih berani dalam menaklukan tantangan dan menjadikan mereka percaya diri.

SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta akan selalu berkomitmen dalam mendukung kegiatan-kegiatan kreatif siswa seperti ini. Tujuannya adalah untuk mencetak bibit-bibit unggul yang berkualifikasi dan mampu bersaing di dunia luar.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!