31.3 C
Jakarta

Tiga Siswi SD Muhammadiyah 8 Solo Borong Piala Lomba Dokter Kecil

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM —  Tiga Siswi SD Muhammadiyah 8 Solo Borong Piala Lomba Dokter Kecil. Chayara, Alissa, dan Charisya, meraih Juara I, II dan III dalam kegiatan “Pelatihan & Lomba Dokter Kecil SD/MI Wilayah Binaan Puskesmas Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta” yang diselenggarakan di SD N Jagalan pada Selasa-Rabu, 19-20 Februari 2019.

Ketiga siswi SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta tersebut, berhasil membawa 3 piala setelah bersaing dengan 122 siswa yang berasal dari 16 SD/MI se-wilayah binaan UPT Puskesmas Pucangsawit.

Kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh UPT Puskesmas Pucangsawit dan bekerja sama dengan Korwil II Dinas Pendidikan Kecamatan Jebres Surakarta ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan siswa mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga dan orang lain untuk hidup sehat.

Materi yang disampaikan dalam Kegiatan Pelatihan & Lomba Dokter kecil antara lain, pengetahuan tentang UKS, P3K, NAPZA dan Bahaya Merokok, Kesehatan Gigi dan Mulut, Gizi Anak Sekolah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Perorangan, Penyakit Menular dan Tidak Menular, serta Imunisasi.

Agus Nurhidayat, Guru UKS SD Muhammadiyah 8 Jagalan, menyampaikan rasa syukur atas capaian prestasi yang diperoleh ketiga siswinya. “Tahun lalu prestasi SD Muhammadiyah 8 Jagalan sempat menurun dengan mendapat Juara Harapan, tahun ini Alhamdulillah tim SD Muhammadiyah 8 Jagalan dapat meraih kembali predikat Juara Umum seperti tahun-tahun sebelumnya yakni tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017. Semoga tahun ini bisa maju hingga tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Kegiatan Pelatihan dan Lomba Dokter Kecil diadakan untuk siswa-siswi sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah kelas empat dan lima. Mereka belum pernah mendapat Pelatihan Dokter Kecil, berprestasi di sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan bertanggungjawab. Selain itu, mereka juga harus berpenampilan bersih dan berperilaku sehat, berbudi pekerti baik dan suka menolong, serta memperoleh izin orang tua.

Siswa-siswi yang tergabung dalam tim dokter kecil SD Muhammadiyah 8 Jagalan, mengikuti kegiatan Pelatihan & Lomba Dokter Kecil dengan semangat dan gembira.

“Kami sangat senang mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan”, ujar Chayara, salah satu peserta sekaligus peraih Juara I yang bercita-cita menjadi dokter spesialis.

Parimin, Kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan, Parimin Tedjo Pramono, bangga dan bersyukur atas prestasi yang diperoleh siswanya. “Alhamdulillah, semoga prestasi yang diperoleh bermanfaat,” ujarnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!