33.4 C
Jakarta

Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah, Prodi Komunikasi Unismuh Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Baca Juga:

KHITTAH.CO, MAKASSAR – Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bidang Ilmu Komunikasi, Senin (20/5/2024). Workshop ini menghadirkan narasumber Prof Normah Mustaffa, dosen Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) yang juga Direktur UKM Press dan Chief Editor Malaysian Journal of Communication.

Acara yang berlangsung di Mini Hall Fisip Unismuh Makassar Lt5 Gedung Iqra ini dibuka oleh Wakil Dekan I Fisip Unismuh, Dr. Andi Luhur Prianto. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada Prof Normah Mustaffa atas kesediaannya berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penulisan artikel ilmiah.

Andi Luhur juga menjelaskan bahwa Fisip Unismuh Makassar memiliki tiga program studi, yaitu S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Pemerintahan, dan S1 Ilmu Komunikasi dengan total 1.500 mahasiswa dan 87 dosen. Selain itu, Fisip Unismuh Makassar juga mengelola empat jurnal, di mana satu di antaranya telah terakreditasi Sinta 2.

Melalui kegiatan ini, para peserta yang tidak hanya berasal dari Unismuh Makassar, tetapi juga dari beberapa kampus lainnya, mendapatkan akses dan informasi tentang jurnal internasional terindeks Scopus.

*Tips Menulis Artikel Ilmiah Berkualitas*

Dalam pemaparannya, Prof Normah Mustaffa menjelaskan beberapa indikator utama jurnal berkualitas. Menurut beliau, jurnal yang berkualitas harus memiliki alamat penerbit yang lengkap dan disahkan di laman web. Proses peer-review jurnal tersebut pun harus dinyatakan dengan jelas. Selain itu, jurnal yang kredibel tidak membuat kenyataan palsu mengenai status indeks jurnalnya. Keabsahan status indeks jurnal dapat dicek melalui Web of Science dan Scopus.

Normah Mustaffa juga menekankan pentingnya kesesuaian skop atau bidang jurnal dengan artikel yang akan diterbitkan. Beliau menjelaskan bahwa artikel yang diterbitkan dalam suatu jurnal haruslah berfokus pada bidang ilmu jurnal tersebut. Tak hanya itu, hasil penyuntingan jurnal berkualitas juga harus baik, meliputi isi kandungan, ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan lain sebagainya.

Guru Besar UKM itu juga memberikan beberapa tips dalam memilih jurnal dan menulis artikel ilmiah. beliau menyarankan agar para peneliti membaca pedoman jurnal dengan cermat, termasuk syarat pengajuan, pedoman format, dan etika pertimbangan. Mematuhi pedoman jurnal tersebut penting untuk menghindari penolakan naskah. Selain itu, Prof. Dr. Normah Mustaffa menegaskan pentingnya melakukan penelitian yang menyeluruh dan teliti. Penelitian yang baik harus memperhatikan aspek novelti, signifikansi, pertanyaan dan hipotesis yang jelas, serta didukung oleh data dan analisis yang akurat.

Menulis naskah yang jelas dan ringkas juga menjadi poin penting yang disampaikan oleh Prof. Dr. Normah Mustaffa. Naskah yang baik harus dapat mengkomunikasikan temuan penelitian secara efektif. Dalam hal ini, peneliti harus menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik serta memformat artikel agar mudah dibaca dan dipahami.

Prof Normah Mustaffa menyarankan agar para peneliti melakukan kolaborasi dengan para ahli di bidang penulisan untuk memperkuat penelitian dan meningkatkan dampak. Menurut beliau, penulisan bersama dengan peneliti yang berpengalaman juga dapat meningkatkan peluang diterimanya artikel di jurnal yang dituju.

*Workshop Diikuti Dosen dan Mahasiswa*

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr. Syukri menambahkan bahwa workshop ini diikuti oleh para dosen ilmu komunikasi Unismuh, dosen dari kampus lain secara daring, dan para mahasiswa ilmu komunikasi semester akhir yang sedang mempersiapkan penulisan skripsi dan jurnal ilmiah.

Syukri berharap workshop ini dapat meningkatkan kemampuan para dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan terpublikasi di jurnal internasional terindeks Scopus.

Turut mendampingi Prof. Normah Mustaffa di acara workshop ini, dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Haidir Fitra Siagian, Ph.D., dan dosen UIN Alauddin lainnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!