26.1 C
Jakarta

Tips Persiapan Masuk Perguruan Tinggi Impian Bebas Worry

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Walau masa- masa SMA banyak dikenang dengan kenangan manis dan katanya susah move on, sekarang waktunya untuk membuat dan merencanakan kenangan manis  di Perguruan Tinggi impian kalian.
Untuk kalian yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, mungkin banyak hal yang membuat worry, mulai dari memilih perguruan tinggi itu sendiri, jurusan yang tepat, lokasi perguruan tinggi dan bahkan biaya yang harus dikeluarkan. Tentunya hal-hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang dan perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya karena ini akan menentukan juga profesi kalian kelak dan juga tujuan hidup kedepannya.
Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan masuk perguruan tinggi sehingga bebas worry? berikut adalah beberapa tipsnya:
  • Dukungan Keluarga
Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah keputusan penting yang sudah sepatutnya didukung oleh keluarga dan orang terdekat. Kalian bisa meminta saran dan rekomendasi dari orang tua atau kerabat tentang perguruan tinggi favorit yang cocok.

Dengan mendapatkan dukungan dari keluarga, kalian tidak hanya mendapatkan dukungan secara mental dan spiritual, tapi juga secara finansial. Sebagai tambahan, kalian juga bisa mencatat sumber bantuan finansial apa saja dari keluarga yang tersedia untuk kalian berkuliah.

  • Konsultasi dengan Guru Sekolah
Peran guru di sekolah tidak hanya sebatas mengajar dan memberikan nilai. Guru juga merupakan sosok yang bisa kalian mintakan saran berkaitan dengan pendidikan tinggi yang terbaik sesuai dengan kemampuan akademis kalian.

Dengan wawasannya tentang dunia pendidikan yang luas, konsultasi dengan guru tentu akan sangat membantu dalam menentukan jurusan perkuliahan terbaik yang akan diikuti.

  • Menghadiri Pameran Pendidikan
Setiap tahun terutama menjelang penerimaan mahasiswa baru, banyak sekali pameran pendidikan yang mengundang perguruan tinggi terkemuka untuk memperkenalkan keunggulan masing-masing bagi calon peserta didiknya. Inilah kesempatan kalian untuk datang dan menghadiri langsung pameran pendidikan perguruan tinggi, dan memungkinkan kalian bertemu konselor penerimaan mahasiswa baru untuk bertanya lebih detail dan mendapatkan wawasan baru berkaitan dengan universitas yang akan dituju.
  • Fokus ke Perguran Tinggi yang Dituju
Setelah mendiskusikan dengan keluarga, guru, dan konselor pendidikan, pada tahap ini kalian telah memiliki gambaran jelas tentang bagaimana mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi. Kini saatnya kalian menentukan untuk mendaftardi perguruan tinggi favorit.

Jangan buang waktu kalian untuk bimbang dan memikirkan terlalu berkepanjangan. Pilihlah hanya perguruan tinggi favorit yang tak hanya kalian minati, tapi juga unggul dari segi akreditasinya, jurusan yang diinginkan, lokasi, dan kemampuan finansial.

  • Biaya Perguruan Tinggi
Melalui data yang ada, inflasi pendidikan tiap tahun mengalami kenaikan dari 10 % – 15%.
Seperti yang kita ketahui, untuk biaya perguruan tinggi terdapat beberapa komponen, mulai dari biaya masuk, biaya gedung, biaya semester, biaya SKS / mata pelajaran, biaya ujian, biaya modul kuliah, biaya tugas, biaya kegiatan tambahan dan lain-lain. Melihat komponen biaya tersebut, untuk menempuh pendidikan hingga ke jenjang S1 dalam negeri mencapai 400 juta rupiah. Dengan harga yang fantastis ini, kalian bisa menyiasati hal ini dengan mengikuti program beasiswa kampus yang ditawarkan, namun sayangnya ada ketentuan yang diberikan dan keterbatasan quota.

Selain tips di atas, kami juga ingin memperkenalkan salah satu cara yang bisa membantu kalian mengalokasikan dana pendidikan yang aman bagi masa depan yaitu dengan Proteksi Studi, salah satu produk asuransi untuk pendidikan yang direkomendasikan dari PT PFI Mega Life Insurance.

Proteksi Studi memiliki beberapa keunggulan yaitu mampu memberikan manfaat Beasiswa Pendidikan hingga 150% dari total nilai premi, juga  manfaat perlindungan jiwa hingga 300% dari total nilai premi bahkan Anda juga cukup membayar premi selama 3 tahun untuk mendapatkan manfaat tersebut di atas. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!