28.8 C
Jakarta

UAH Serahkan Bantuan USD 1 Juta untuk Pembangunan RS Indonesia Hebron

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerima bantuan  pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH), Palestina senilai 1 juta US Dolar, dari Ustadz Adi Hidayat (UAH), Senin (24/5/2021). Bantuan yang merupakan donasi dari masyarakat luas tersebut diserahkan oeh UAH secara simbolis kepada Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI KH Dr Anwar Abbas disaksikan Duta Besar Negara Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al-Shun.

Dalam sambutannya, Anwar Abbas mengatakan Dewan Pimpinan MUI Pusat periode 2015 – 2020 pada 2019 telah berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit di Kota Hebron, Palestina (RSIH). “Alhamdulillah telah mendapatkan dukungan dari Walikota Hebron, Bapak Tayser Abu Sneineh,” katanya.

Kerjasama diantara keduanya kemudian dituangkan dalam Naskah Kesepakatan Kerjasama (MOU) yang ditandatangani di Amman, Yordania pada 20 Januari 2020 oleh KH Dr. Muhyidin, Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri & Kerjasama Internasional dan Walikota Hebron, dimana pihak MUI sepakat untuk menyediakan dana pembangunannya, sebesar Rp 100.000.000.000. Sedangkan pihak Walikota Hebron sepakat menyediakan lahannya, seluas 4.000 m2.

Guna mewujudkannya, dan sesuai dengan maksud dan tujuan pembangunan RSIH yakni dimaksudkan sebagai wujud bantuan kemanusiaan dan dukungan seluruh bangsa Indonesia bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina maka Dewan Pimpinan MUI Pusat kemudian mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi. Ajakan tersebut mendapat tanggapan positif dari berbagai elemen masyarakat Indonesia, termasuk kalangan filantropi dan tokoh masyarakat seperti Ustadz Adi Hidayat yang sejak awal telah aktif mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Ustadz Adi Hidayat pada periode Februari 2020 sampai dengan Mei 2021 telah berhasil menggalang dana yang tidak kecil, mencapai satu juta dolar Amerika Serikat. “Dana tersebut pada hari ini diserahkan secara simbolik kepada Dewan Pimpinan MUI Pusat, diterima oleh KH Dr. Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat. Selanjutnya donasi tersebut bersama-sama dengan donasi yang telah berhasil digalang oleh Panitia Pembangunan RSIH MUI Pusat akan diserahkan secara simbolik pula kepada Duta Besar Negara Palestina di Jakarta, Bapak Zuhair Al Shun pada esok hari, Selasa, 25 Mei 2021,” lanjut Anwar Abbas.

Bersama penyerahan donasi tersebut MUI Pusat juga kembali mengkampanyekan aksi donasi kemanusiaan MUI Pusat yang telah dicanangkan pada 17 Mei 2021 sebagai “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina”.

“Dewan Pimpinan MUI Pusat sangat berterima kasih dan menghargai partisipasi aktif Ustadz Adi Hidayat dalam kegiatan penggalangan donasi kemanusiaan tersebut. Demikian pula, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah menyalurkan donasi kemanusiaan mereka ke kegiatan amal Ustadz Adi Hidayat,” tutpnya.

Dalam kesempatan tersebyt Dewan Pimpinan MUI Pusat sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada Ustadz Adi Hidayat, seraya mengharapkan kiranya piagam tersebut dapat menambah semangat Ustadz Adi Hidayat dan masyarakat Indonesia lainnya untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita di Palestina yang masih harus berjuang untuk mencapai kemerdekaan mereka dari penjajahan Israel.

Dewan Pimpinan MUI Pusat melalui Panitia Pembangunan RSIH telah membuka rekening untuk menyalurkan donasi masyarakat Indonesia di BNI Syariah nomor 0842531400

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!